• Kamis, 9 Desember 2021

Malam Hari, Tim PWI Peduli Kota Bandung Blusukan Salurkan Bantuan ke Lokasi Banjir

- Senin, 27 Januari 2020 | 09:55 WIB
Di tengah malam, Tim PWI Peduli Kota Bandung, berhasil menembus lokasi  Dusun Bunut Sapan Desa Tegalluar Kec.Bojonhgsoang Kab Bandung yang terkena banjir dampak luapan sungai Citarum setelah hujan yang terus turun dalam 3-4 hari terakhir di seluruh wilayah Bandung Raya, Sabtu (24/01/2020)
Di tengah malam, Tim PWI Peduli Kota Bandung, berhasil menembus lokasi Dusun Bunut Sapan Desa Tegalluar Kec.Bojonhgsoang Kab Bandung yang terkena banjir dampak luapan sungai Citarum setelah hujan yang terus turun dalam 3-4 hari terakhir di seluruh wilayah Bandung Raya, Sabtu (24/01/2020)

JABARNEWS | BANDUNG - Di tengah malam dan hujan yang terus mengguyur disertai banjir dampak luapan sungai Citarum, Tim Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Peduli Kota Bandung blusukan turun langsung menyalurkan bantuan kepada warga Desa Tegalluar Kec.Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Sabtu (25/01/2020) malam lalu.

Bantuan dari para donatur yang dititipkan kepada PWI Peduli Kota Bandung, berupa mie instan, air mineral, sarung, busana layak pakai dan makanan ringan, langsung didistribusikan kepada warga setempat yang terkena banjir dampak hujan yang turun di wilayah Bandung dalam 3-4 hari terakhir.

Ketua PWI Peduli Kota Bandung, Abud Heryanto bersama wartawan lainnya, (Herri Gunawan, Miftahul Akmal, Elly Susanto, Sandi Deka Rochmana, M. Kustandi, Herly, Topan dan Ade) yang turun ke lapangan, berhasil menembus lokasi banjir ke tempat penampungan korban banjir pukul 19.30 WIB.

Dusun Bunut Sapan RW 07 Desa Tegalluar merupakan salah satu daerah di kabupaten Bandung yang terdampak banjir cukup parah pada tahun ini. Daerah rendah berbentuk pesawahan ini merupakan kawasan bertemunya 3 aliran sungai, yakni sungai Cikeruh, Citarik dan Cinambo, sehingga jika salah satu sungai meluap maka air akan melimpah ke kawasan pemukiman warga.


Informasi yang diperoleh PWI Peduli Kota Bandung menyebutkan, di lokasi tersebut saat ini tercatat ada 540 kepala keluarga (KK ) atau 930 jiwa menjadi korban banjir. Kondisi kali ini terbilang lebih lebih parah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kendati demikian, sampai kemarin warga disana belum mendapatkan bantuan dari pihak manapun. Hal ini menjadi pertimbangan, PWI Peduli menyalurkan donasi dari dermawan ke daerah tersebut.


“Sebelum kedatangan PWI Peduli kota Bandung, belum pernah ada bantuan yang datang ke daerah kami. Mungkin anggapannya daerah kani belum separah daerah lainnya, yang menjadi kawasan langganan banjir. Padahal daerah kami juga terendam banjir cukup parah,”cujar Atep Supriatna (38), Ketua RW 07 Dusun Sapanbunut.


Menurut Atep, banjir kali ini telah mengakibatkan banyaknya pemukiman warga yang terendam air. Akibatnya banyak warga mengungsi ke tempat yang dianggap cukup aman. Ada yang mengungsi ke masjid, madrasah, dan ada juga ke rumah kerabatnya.


"Kami bersyukur dan berterimakasih atas bantuan yang diberikan tim PWI Peduli. Kami akan segera menyalurkan amanah tersebut kepada warga yang membutuhkannya.Insya Allah akan segera kami berikan bantuan ini kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama warga yang terkena banjir,” ucap Atep.

Hal senada diungkapkan Amir Suganda, tokoh masyarakat setempat saat menyambut kedatangan Tim PWI Peduli. Dia berharap bantuan tersebut dicontoh juga oleh para pejabat di lingkungan Kabupaten Bandung, sehingga dapat merealisasikan janjinya seperti diungkapkan saat kampanye sebelumnya, yaitu akan membantu kesulitan warga.


"Saya ucapkan terimakasih kepada para wartawan yang justru jauh-jauh datang dari Kota Bandung, ternyata paling dulu datang ke tempat kami,semoga segala kebaikannya dibalas Allah Ta'ala, aamiiin," ungkap Amir.


Ketua PWI Peduli Kota Bandung, Abud Heryanto menjelaskan, bantuan yang diberikan kepada warga merupakan amanah dari donatur dan harus disalurkan sesegera mungkin. PWI Peduli Kota Bandung tidak hanya memberikan kepada warga Kota Bandung. Tapi dimanapun bantuan yang dititipkan kepada pihaknya bisa disalurkan ke warga wilayah kabupaten lain yang terkena musibah bencana alam.

“Alhamdulilah akhirnya kita bisa sampai ke tempat ini (Terdampak bencana ) untuk menyalurkan bantuan ala kadarnya kepada saudara kita yang tengah dilanda musibah banjir. Semoga bermanfaat bagi warga, penyumbang, juga bagi kita yang menyalurkannya,” pungkasnya.

Kegiatan sosial ini sambung dia, juga bagian rangkaian dari kegiatan Hari Pers Nasional tahun 2020 yang puncaknya jatuh pada 9 Februari mendatang.(robby)


Donatur Melalui PWI Peduli Kota Bandung :

1.Pabrik Sarung PT KS Tex Majalaya

2. PT. Garuda Food, Sumedang

3. PT. Sari Nabati, Sumedang

4. PT Coca Cola Amatil Indonesia Sumedang




Editor: Administrator

Tags

Terkini

X