• Kamis, 9 Desember 2021

Di Tengah Pandemi, Pasanggiri Pupuh 2020 Sukses Digelar Virtual

- Minggu, 27 Desember 2020 | 06:03 WIB
Salah satu peserta audisi Pasanggiri Pupuh Virtual 2020, Eva Purnama Dewi, S.Sn., perwakilan dari SMK Negeri 1 Kabupaten Sumedang. Dampak pandemi Covid-19, event Pasanggiri Pupuh tahun 2020 tetap berhasil digelar meski berbasis online atau virtual dan diikuti 140 peserta dari berbagai sekolah di Jawa Bara
Salah satu peserta audisi Pasanggiri Pupuh Virtual 2020, Eva Purnama Dewi, S.Sn., perwakilan dari SMK Negeri 1 Kabupaten Sumedang. Dampak pandemi Covid-19, event Pasanggiri Pupuh tahun 2020 tetap berhasil digelar meski berbasis online atau virtual dan diikuti 140 peserta dari berbagai sekolah di Jawa Bara


JABARNEWS | BANDUNG - Dampak pandemi Covid-19, event Pasanggiri Pupuh tahun 2020 tetap berhasil digelar meski berbasis online atau virtual dan diikuti 140 peserta dari berbagai sekolah di Jawa Barat.

Dalam grand final Pasanggiri Pupuh Virtual 2020 yang digelar di SMK Negeri 14 Kota Bandung, Selasa (22/12/20) lalu, Dewan Juri memilih juara 1,2, dan 3, masing-masing untuk kategori putra dan putri serta juara favorit berdasarkan hasil like dan viewers hasil dari 20 kiriman video yang melombakan pupuh wajib "Mijil" dan pupuh pilihan bebas.


Menurut Wakil Ketua Pelaksana Pasanggiri Pupuh Virtual 2020, Y. Dewi, lomba pupuh antar Kepala Sekolah, Guru, Kasubbag TU SMA/SMK/SLB se-Jawa Barat diselenggarakan Yayasan Jamparing Nanjung Sinangling bekerjasama dengan DPP Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) dan Dinas Pendidikan Jawa Barat, dan diikuti sebanyak 140 peserta.

"Semenjak pendaftaran dibuka 20 Oktober - 6 November 2020, sebanyak 140 video peserta masuk ke pihak panitia, dan semua video peserta diunggah di channel youtube “Gorajuara TV” untuk menjaring juara favorit," ujarnya.

Selanjutnya, mulai tanggal 6 November sampai 10 November 2020 dilakukan penjaring peserta yang masuk 50 besar. Selanjutnya pada tanggal 10 November – 12 November 2020 dari 50 besar diambil menjadi 20 besar, yakni 10 finalis kategori putri dan 10 finalis putra.

Sesuai rencana awal memang babak audisi sampai memasuki tahap 50 besar dan penjaringan 20 finalis, yakni kategori putra dan putri dilaksanakan secara virtual. Sedangkan grand final akan dilakukan secara live performing di Aula Ki Hajar Dewantara Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat pada tanggal 12 Desember 2020.

"Namun karena Kota Bandung dinyatakan zona merah Covid-19, maka acara ditiadakan dengan alasan keamanan dan keselamatan jiwa peserta, bahkan kita semua,” ungkap Dewi.

Kendali dalam kondisi pandemi Covid-19, penyelenggara Pasanggiri Pupuh ini tetap harus berjalan sesuai rencana, sehingga pihak panitia atas arahan Ketua Yayasan Jamparing Nanjung Sinangling memutuskan grand final Pasanggiri Pupuh Virtual 2020 tetap harus berjalan, meski harus dilaksanakan secara virtual.

“Alhamdulillah pada tanggal 22 Desember 2020, kami sudah menyelesaikan acara grand final, dan berhasil menentukan para pinunjul putri dan putra, serta pinunjul kameumeut atau favorit yang pada hari ini bisa diumumkan melalui channel youtube Gorajuara TV pada pukul 10.00 WIB,” paparnya.(rilis)

Dewan Juri yang terdiri dari Juri I Hj. Ida Rosida, S.Sen., Juri II Neneng Dinar, S.Ip., M.Si., dan juri III Suwardi Kusmawardi, S. Kar, M.Sn.,

Setelah dilakukan penilaian berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, Dewan Juri menetapkan pemenang “Pasanggiri Pupuh Virtual 2020” sebagai berikut:

Kategori Putri:

1. Juara I Lina Muliani, S.Pd., perwakilan dari SMA Negeri 20 Kota Bandung.
2. Juara II Eva Purnama Dewi, S.Sn., perwakilan dari SMK Negeri 1 Kabupaten Sumedang.
3. Juara III Tiarani Putri Irmayadi, S.Pd., perwakilan dari SMK Bahagia Kota Bandung.

Kategori Putra:

1. Juara I I. Wahyudi Sofyan, M.Pd., perwakilan dari SMA Negeri 1 Campaka, Kabupaten Purwakarta.
2. Juara II Noval Mohammad Safari, S.Pd., perwakilan dari SMAK 2 BPK Penabur Kota Bandung.
3. Juara III Robby Muhammad Ridwan, S.Sn., perwakilan dari SMA Negeri 1 Mangunjaya.

Juara Favorit:

Lina Muliani, S.Pd., perwakilan dari SMA Negeri 20 Kota Bandung dengan nomor peserta 01.

Editor: Robby

Tags

Terkini

X