Bahaya Kelamaan Main Hp, Bisa Mengakibatkan Sakit Telinga

Bahaya Kelamaan Main Hp, Bisa Mengakibatkan Sakit Telinga (Foto: Freepik)

Salah satu dampak paling umum adalah menumpuknya kotoran telinga yang bisa menyebabkan masalah seperti gangguan pendengaran, ketidaknyamanan, serta infeksi, dan bahkan gendang telinga berlubang.

“Tapi penggunaan headphone tidak akan menimbulkan masalah jika digunakan dalam durasi pendek atau sedang,” ujar Harrison seperti dilansir dari PMJNews.com

Harrison juga menyarankan untuk tidak memakai cotton buds, jari, atau benda lain untuk membersihkan kotoran telinga. Alih-alih menjadi bersih, itu malah bisa mendorong kotoran telinga lebih jauh ke saluran telinga dan menyebabkan masalah baru.

Penelitian ini juga mengungkap bahwa 39 persen memiliki peringatan di perangkat mereka tentang volume tinggi. Akan tetapi, 91 persen dari mereka mengaku mengabaikannya.

Hampir setengah atau 47 persen melakukan panggilan video setiap hari saat WFH, dengan 40 persen memilih headphone daripada speaker. Tetapi, bahkan ketika mereka tidak sedang menelepon, 41 persen akan memiliki musik atau podcast di latar belakang.