Cilung, Jajanan Zaman Now

JABARNEWS | BANDUNG – Dari sekian banyak jajanan anak Sekolah Dasar (SD) pastilah masyarakat Kota Bandung tidak aneh lagi dengan kuliner bernama Cilung. Cilung ini merupakan sebuah singkatan dari bahasa Sunda yakni Aci Gulung yang artinya adonan tepung tapioka yang digulung saat digoreng.

Cilung zaman sekarang tidak hanya berbahan dasar itu-itu saja. Tentunya para pedagang pun mulai memunculkan ide-ide baru dalam menciptakan variasi pada jajanan SD yang satu ini.

Mang Ato (35) salah satunya, pedagang kaki lima yang sering nongkrong di Jalan Sulaksana ini menawarkan hidangan baru dengan variasi jajanan Cilung baru. Tak hanya sekedar adonan tapioka yang digulung saat digoreng, ia juga menawarkan varian rasa dengan menu andalannya Cilung isi keju mozzarella.

“Awal mulanya ide Cilung zaman now ini berawal dari Cilung yang itu-itu saja. Dari situ saya coba variasikan dengan bahan-bahan lain seperti bakso, sosis, kornet, dan yang menjadi best seller disini yaitu Cilung mozarella,” katanya saat ditemui di Jln. Sulaksana, Kota Bandung, Sabtu (19/5/2018).

Lanjutnya, selain menyuguhkan varian rasa Cilung yang unik, bagi para pecinta pedas bisa melakukan request untuk level pedas pada cilung yang dipesan.

“Kalau yang suka pedas sih bisa pesen pedesnya mau level berapa, mau pedas yang sampai ngebakar lidah juga ada,” canda Mang Ato. (Ted)

Jabarnews | Berita Jawa Barat