Indramayu Bakal Punya Embarkasi Haji

JABARNEWS | INDRAMAYU Kabar gembira bagi Kabupaten Indramayu. Cita-cita memiliki embarkasi haji bakal jadi kenyataan. Rencananya, pembangunan embarkasi haji Indramayu akan dimulai pada 2020.

Kepastian tersebut disampaikan Kepala Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat melalui Kepala Bidang Urusan Haji, Azam Mustazam yang disampaikan kepada Bupati Indramayu Anna Sophanah, di pendopo Kabupaten Indramayu.

Azam menjelaskan, tahun ini pihaknya menyiapkan dokumen perencanaan pembangunan serta berbagai dokumen pendukung lainnya agar pembangunan bisa berjalan lancar. Hal itu dikarenakan ada persepsi dan komitmen yang harus diselaraskan antara Pemkab Indramayu dengan Kementerian Agama RI.

Baca Juga:  KPK Usut Pencalonan Iwa di Pilgub Terkait Kasus Meikarta

Menurutnya, penetapan Kabupaten Indramayu sebagai daerah pembangunan embarkasi haji merupakan keputusan final. Saat ini tengah menunggu tanda tangan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama RI, Prof DR Nizar MA yang tengah menunaikan ibadah haji.

Satu hal yang harus segera disiapkan yakni proses pelepasan tanah atau hibah dari Pemkab Indramayu kepada Kementerian Agama. Sebelum proses pembangunan, proses hibah tanah harus bisa diselesaikan.

Baca Juga:  Tempat Hiburan Di Bandung Masih Langgar Prokes, Satpol PP: Sepertinya Tidak Jera

Tanah yang sudah tersedia sangat luas sekitar tujuh hektar. Area tersebut lebih luas dari Embarkasi Haji Bekasi yang sudah beroperasi dengan luasnya hanya tiga hektar.

’’Pada 2020 mendatang, pembangunan awal akan dilaksanakan dengan membangun asrama, masjid, dapur, dan poliklinik. Tahun berikutnya dilakukan pengembangan. Indramayu paling siap dibandingkan dengan kabupaten/kota karena siap menghibahkan tanahnya sekitar 7 hektare,” tegas Azam.

Baca Juga:  Perbup Diabaikan, Siswa Di Purwakarta Yang Gunakan Kendaraan Bermotor Kembali Marak

Sementara itu, Bupati Indramayu Anna Sophanah mengatakan, masyarakat Indramayu sangat antusias dalam menyambut rencana pembangunan Embarkasi Haji. Rencananya, pembangunan akan berada di Kecamatan Lohbener. Ini akan berdampak positif bagi perkembangan ekonomi di daerah sekitarnya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melayangkan surat ke DPRD Indramayu terkait pelepasan aset daerah kepada Kementerian Agama RI untuk pembangunan Embarkasi Haji. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat