Lansia di Kabupaten Tasikmalaya Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Jemput Bola

JABARNEWS | KAB.TASIKMALAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat memberikan pelayanan kesehatan dengan sistem jemput bola bagi warga yang sudah lanjut usia (Lansia).

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinkes Kabupaten Tasikmalaya, dr Faisal Soeparyanto melalui Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Dadan Hamdani saat ditemui Jabarnews.com, Rabu (29/5/2019).

“Pelayanan kesehatan khusus bagi lansia ini sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan,” ujar Dadan.

Selain itu ungkap Dadan, jumlah lansia di Kabupaten Tasikmalaya cukup banyak hampir sama dengan jumlah balita. Oleh karena itu pihaknya akan terus berupaya menangani permasalahan lansia karena melihat jumlah data dari tahun ke tahun khususnya lansia itu terus meningkat.

“Permasalahan kaum lansia itu jelas berbeda dengan orang biasa yang berumur dibawah umur 50 tahun, lansia harus kita utamakan,” kata Dadan.

Jika melihat dari pengalaman, kebanyakan para lansia yang sakit masih susah untuk datang berobat. Jika terus dibiarkan karena alasan tersebutnya itu bisa merugikan dirinya bahkan itu bisa berakhir dengan kematian.

Dengan alasan tersebut pelayanan jemput bola dinilai efektif untuk membantu para lansia mendapatkan layanan kesehatan tepat waktu.

“Kami juga butuh bantuan dari pihak-pihak terkait salah satunya pihak keluarga untuk bekerjasama guna menjaga kesehatan keluarganya,” ucap Dadan. (Yud)

Jabar News | Berita Jawa Barat