Orang Tua Harus Lebih Peduli Kegiatan Anak

JABARNEWS | PURWAKARTA – Membentuk karakter islami siswa melalui kegiatan pesantren kilat pada bulan ramadan itu sangat penting. Seperti yang dilakukan kepala bidang ketahanan keluarga, Dinas Penanggulangan Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta.

Puluhan pelajar di Perumahan panorama di didik dalam pesantren kilat di Mushola Al-Ikhlas Blok B4.09 RT 06/RW 13, Minggu (3/6/2018).

Kepala Bidang ketahanan keluarga, Fata Faridulhisan mengatakan, kegiatan ini dilakukan agar pelajar di wilayah perumahan Panorama, khususnya di RT 06/13 dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta berbudi pekerti yang luhur.

“Saya harap, apa yang diajarkan di pesantren kilat ini bisa diaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Selain dapat menghayati ajaran agama Islam khususnya tentang keimanan, ibadah, akhlak dan isi kandungan Al Quran itu sendiri,” ujar Fata.

Selain itu, untuk para Orangtua agar bisa memberikan penghargaan kepada anaknya berupa pelukan, ciuman, ucapan terimakasih dan pujian ketika anak bisa menjaga perilaku positifnya.

“Sehingga terbangun rasa percaya diri yang kuat pada anak, dan cobalah untuk mengabaikan perilaku anak yang walaupun kurang baik namun tidak membahayakan seperti makan berceceran, atau merajuk ketika menginginkan sesuatu,” paparnya.

Jadi, lanjut dia, selain di didik di pesantren kilat ini, para orang tua harus lebih peduli terhadap kegiatan sang anak. Jangan sampai sepert orang tua di kota-kota besar yang menyerahkan hak asuh pada lembaga pendidikan ataupun penitipan kadang lupa posisi dirinya sebagai orang tua.

“Pengabai-an itu lah yang membawa dampak buruk pada perkembangan anak,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat