Gegara Hujan Semalam, Sungai Cilamaya Subang Meluap Hingga Rendam Pemukiman Warga

JABARNEWS | SUBANG – Hujan yang terjadi semalam hingga pagi ini membuat sungai Cilamaya yang berada di Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang meluap pada Sabtu, (20/2/2021).

Akibat meluapnya sungai tersebut membuat pemukiman warga di sekitar sungai terendam air luapan. Sehingga beberapa daerah terendam banjir.

Daerah yang terdampak luapan sungai Cilamaya diantaranya Desa Cilamaya Hilir yang paling parah terdampak luapan sungai.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 10 Juli 2022: Cancer, Leo dan Virgo

Di Desa Cilamaya Hilir ada dua dusun yang terdampak banjir yakni Dusun Kemurang dan Dusun Wanakersa yang sampai saat ini sudah merendam sebanyak 76 rumah dan 1 sekolah dasar dengan ketinggian ketinggian air 10 cm sampai dengan 45 cm.

Menurut Danramil Ciasem Kapten Inf Herry Arfiantono, banjir mulai menggenangi rumah warga pada Sabtu pagi. Banjir disebabkan oleh luapan sungai akibat intensitas hujan yang tinggi semalaman serta ada tanggul yang jebol.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Ikuti Dulu Pola yang Sudah Terbentuk Gemini

“Tanggul pembatas sungai jebol mengakibatkan air mengalir ke pemukiman warga yang berada di sekitar bantaran sungai Desa Cilamaya Hilir,” kata Danramil.

“Situasi dan perkembangan situasi selanjutnya akan kami laporkan selalu. Hingga saat ini debit Sungai Cilamaya juga terus meningkat,” imbuhnya.

Danramil mengatakan pada masyarakat untuk tetap waspada namun tidak panik. Pihaknya bersama instansi terkait terus memantau situasi di lapangan.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Anda Cenderung Merasa Bahwa Rumput Tetangga Lebih Hijau, Capricorn

“Kami masih terus memonitor situasi di lapangan serta bekerjasama dengan Desa dan instansi terkait soal pendataan rumah terdampak,” jelasnya.

Saat ini pihaknya terus standby dan siap membantu evakuasi korban yang terkena bencana serta terus memberikan himbauan agar lebih waspada dengan adanya banjir. (Red)