Cegah Kebakaran Hutan di Purwakarta, Polisi Lakukan ini

Polsek Plered
Bhabinkamtibmas Polsek Plered, Polres Purwakarta saat edukasi warga dalam pencegahan kebakaran lahan dan hutan. (Foto: Dok. Polsek Plered).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Upaya pencegahan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (karhutla) dan wilayah pemukiman, jajaran Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat gencar lakukan edukasi kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan Polsek Plered, Polres Purwakarta yang mengedukasi masyarakat terkait pencegahan kebakaran lahan dan hutan melalui patroli dialogis.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Bentuk Tim Assesment Tekan Korban Penyalahgunaan Narkoba

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho mengatakan, potensi karhutla cukup besar terjadi lantaran Indonesia sudah memasuki puncak musim kemarau pada Agustus-September 2023.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Terjunkan Ratusan Personel untuk Amankan Ibadan Misa dan Kenaikan Isa Almasih

“Selain penindakan ada upaya-upaya pencegahan, pencegahan itu bisa preemtif, preventif yang dilakukan Polsek Plered dalam mencegah kebakaran lahan dan hutan di wilayah hukum Polsek Plered, salah satunya melalui patroli dialogis,” ucap Ali, pada Senin, 11 September 2023.

Baca Juga:  Hasil Test Urine YN Anggota DPRD Purwakarta Positif Narkoba

Kapolsek menjelaskan, upaya preemtif dapat dilakukan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, misalnya untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan.