Cegah Kebakaran Hutan di Purwakarta, Polisi Lakukan ini

Polsek Plered
Bhabinkamtibmas Polsek Plered, Polres Purwakarta saat edukasi warga dalam pencegahan kebakaran lahan dan hutan. (Foto: Dok. Polsek Plered).

“Musim kemarau yang terjadi saat ini cukup panas dan kemungkinan akan berlangsung dalam jangka waktu lama sehingga dibutuhkan kewaspadaan bersama agar bisa melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan,” Ujarnya.

Untuk itu, kata Ali, warga diminta untuk melakukan pencegahan dengan cara tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan, tidak membuang puntung rokok sembarangan, dan aktivitas lain yang berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga:  PP Muhammadiyah Kutuk Keras Serangan Israel ke Warga Palestina di Al-Aqsa

“Sekarang musim panas dan rawan terjadi kebakaran hutan, mari bersama-sama menjaga lingkungan tetap kondusif. Dari hal-hal yang sepele kita harus mengingatkan misalnya membuang puntung rokok sembarangan, kadang membuang puntung rokok di dalam kotak sampah, kotak sampahnya bisa membuat kebakaran, nah ini kebakaran permukiman-permukiman,” ucapnya.

Selain itu, tambah Kapolsek, jajaran polisi di daerah juga bisa mengingatkan masyarakat agar tidak membakar sampah sembarangan dan tanpa diawasi.

Baca Juga:  18 Kelurahan di Jakarta Alami Krisis Air Bersih, Kualitas Air Tak Penuhi Standar PMK

“Kalaupun ada bakar sampah misalnya agar ditunggu atau kalau ditinggal dia harus dipadamkan dulu. Ini kerja sama antara masyarakat sama Polri dan upaya-upaya pencegahan kebakaran itu harus terus dilakukan,” tutur Ali.

Polsek Plered
Bhabinkamtibmas Polsek Plered, Polres Purwakarta saat edukasi warga dalam pencegahan kebakaran lahan dan hutan. (Foto: Dok. Polsek Plered).

Ia mengatakan, jajaran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Plered terus memberikan imbauan kepada warga setempat terkait pencegahan kebakaran lahan dan hutan.

Baca Juga:  Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita Bogor, Tempat Populer Para Traveller

“Bhabinkantibas mengimbau kepada masyarakat yang bisa memperingati terhadap masyarakat lainnya, misalnya ada masyarakat membakar sampah sembarangan, nah kita mengimbau kepada masyarakat untuk mengingatkan,” ujar AKP Ali Murtadho. (Gin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News