Dalam Sepekan Dinsos Amankan Tiga Orang Gila

JABARNEWS | CIAMIS – Beberapa hari terakhir kerap ditemukan orang gila yang lontang-lantung di berbagai kawasan. Lebih parahnya lagi, si orang gila ini justru sering meresahkan masyarakat. Mulai yang mengganggu ketertiban lingkungan hingga melakukan penganiayaan kepada tokoh agama.

Kondisi begitu juga terjadi di Kabupaten Ciamis. Sepekan terakhir, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ciamis “mengamankan” empat orang gila di berbagai kawasan.

Baca Juga:  Syarifah Sofiah Sebut Raperda APBD Kota Bogor 2021 Sudah Seimbang

Kepala Seksi Bidang Rehabilitasi Dinsos Kabupaten Ciamis, Aye Aziz Hilmi, menyebutkan, dari keempat orang gila itu, satu di antaranya memang mengalami gangguan jiwa. Sedangkan tiga orang lainnya diduga hanya orang-orang terlantar.

“Ketiganya bisa diajak komunikasi dengan benar oleh petugas. Bahkan, satu orang di antara ketiga orang itu bisa menjelaskan bahwa dirinya kehabisan ongkos ketika mau pergi ke Jakarta untuk bekerja,” ujar Aye, Rabu (28/02/2018).

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini, Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

Dijelaskannya, untuk menangani orang gila, Dinsos akan mengirimkan mereka ke panti rehabilitas di Dinsoa Jawa Barat. Sedangkan bagi orang terlantar, Dinsos akan memberi ongkos untuk perjalanan mereka selanjutnya.

Baca Juga:  Bamsoet Ajak Warga Terapkan Protokol Kesehatan

Untuk fasilitas di Dinsos Ciamis, lanjut Aziz, baru memiliki tiga kamar untuk orang terlantar.

“Dinsos belum memiliki kamar untuk orang gila. Sebenarnya, Dinsos perlu fasilitas khusus untuk orang gila ini. Sehingga , saat orang gila berada di Dinos bisa lebih aman,” ujarnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat