DAOP 3 Cirebon Buka Pendaftaran Angkutan Motor Mudik Gratis

JABARNEWS | CIREBON – Direktorat Jenderal Perkeretaapian bekerja sama dengan PT Lintas Nusantara kembali mengadakan program angkutan motor gratis dengan kereta api untuk masa lebaran 2018 (1439 H).

Manajer Humas Daop 3 Cirebon, Krisbiantoro mengatakan angkutan motor gratis merupakan program dari Kementrian Perhubungan dan PT. KAI Daop 3 Cirebon. Pihaknya telah membuka pendaftaran angkutan motor gratis di Kantor Daop 3 Cirebon yang bertempat di stasiun Parujakan.

“Pendaftaran sudah dimulai sejak tanggal 10 April sampai dengan 24 Juni 2018 mendatang dan kami DAOP 3 siap mensukseskan program Kemenhub ini, untuk kapasitas dari Cirebon tentunya menyesuaikan dari angkutan awal yaitu di Jakarta,” ujar Kris pada sabtu (14/4/2018).

Baca Juga:  Ini Penyebab Semburan Api di Tol Cipali Subang, Ternyata...

Masa angkutan lebaran yang jatuh pada tanggal 5 Juni hingga 26 Juni ini, angkutan motor gratis tidak sepenuhnya bisa diangkut, hanya 6 hari di angkutan mudik dan 7 hari di arus balik.

“Angkutan mudik motor gratis dimulai tanggal 8 Juni hingga 13 Juni 2018, sedangkan untuk arus balik selama 7 hari dari 19 Juni hingga 25 Juni 2018 dengan syarat untuk pendaftaran angkutan motor gratis, tentu saja memiliki tiket kereta, karena dengan memiliki tiket kereta api maka motor pemilik bisa diangkut dengan kereta api,” ungkap Kris.

Baca Juga:  Panwaslu Purwakarta Deklarasi Tolak Politik Uang

Kris mengatakan untuk kapasitas angkut, dalam satu gerbong kereta barang bisa memuat 58 unit sepeda motor.

“Satu gerbon itu kita muat 58 unit dengan satu rangkaian perjalanan kereta api terdiri dari 8 gerbong kereta barang, sedangkan untuk rute yang dilalui angkutan motor gratis ini ada 3 jurusan, yaitu pertama lintas utara dari Jakarta Gudang melewati Semarang Tawang dan menuju Surabaya Pasar Turi, kemudian untuk lintas selatan ada dua, yaitu dari Jakarta Gudang melalui Kiaracondong hingga Kutoarjo.” tutur kris

Baca Juga:  Omicron Semakin Mengancam, Siswa di 60 Sekolah Kota Bandung Bakal Dilakukan Swab Acak

Kris menjelaskan lintas selatan kedua dari Jakarta gudang lewat Purwokerto ke arah Blitar, ini juga tidak harus di kereta api yang sama mengingat kereta api angkutan motor gratis ini khusus tersendiri, jadi, penumpang bisa menggunakan kereta api apa saja.

“Untuk pendaftaran angkutan online sudah bisa dilakukan melalui online, tetapi untuk di Cirebon dilakukan dengan pendaftaran langsung dengan mendatangi Kantor DAOP 3 Cirebon.” kata Kris. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat