Inilah Destinasi Wisata Ajib di Purwakarta

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Kabupaten Purwakarta sebagai kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat dan dikenal sebagai wilayah atau kawasan industri ternyata memiliki destinasi wisata yang eksotis. Berikut 7 (tujuh) destinasi wisata yang harus dikunjungi bersama keluarga:

1. Taman Air Mancur Sri Baduga atau situ buled merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di pusat kota Purwakarta, dengan desain yang spektakuler situ yang dulunya sederhana kini disulap menjadi salah satu obyek wisata yang sangat indah.

Suguhan atraksi air mancur yang di klaim terbesar se-asia tenggara tersebut akan membuat kita sangat terperangah betah melihatnya. Taman Air Mancur Sri baduga ini didesain dan diterapkan dengan teknologi yang terbaik.

Untuk menikmati air mancur tersebut, sebaiknya para wisatawan dari luar kota sejak sabtu sore kita harus sudah berada dekat di lokasi. Hal itu dimaksudkan agar kita lebih nyaman dan tidak ketinggalan momen air mancur sri baduga yang dibuka setiap malam minggu.

Di dalam area taman sri baduga sudah disediakan sekitar 5000 kursi untuk pengunjung, jangan khawatir saat kita memasuki area tersebut tidak akan dipungut bayaran sepeserpun alias gratis.

Baca Juga:  Anak Bob Tutupoly Ungkap Penyakit yang Diderita Ayahnya Sebelum Meninggal

Setelah selesai menjajakan mata kita menikmati indahnya air mancur, selanjutnya kita tinggal mengisi perut tidak jauh dari lokasi berbagai macam kuliner disajikan di sepanjang jalan.

2. Destinasi wisata Jatiluhur, kawasan wisata yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi kita karena berkaitan dengan bendungan waduk jatiluhur yang peruntukan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) terbesar.

Obyek wisata di tempat ini juga menarik, di samping kita akan disuguhi pemandangan air yang membentang kita juga bisa naik perahu wisata yang ada di lokasi wisata.

Kemudian juga aneka permainan air lainnya yang disediakan oleh pengelola, seperti waterboom , bermain perahu angsa, dan juga para wisatawan bisa menikmati berbagai jeni kuliner ikan khas jatiluhur.

Untuk para wisatawan, saat memasuki gerbang utama biasanya akan ada tiket masuk pembayaran sebelum kita ke area wisata jatiluhur antara 10 ribu hingga 15 ribu rupiah.

3. Destinasi wisata Situ Wanayasa merupakan salah satu wisata air yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, wisata yang satu ini merupakan wisata air dan pemandangan.

Baca Juga:  Tak Hanya Infrastruktur, TMMD Ke 113 Kodim 0619 Purwakarta Juga Lakukan Penyuluhan Bahaya Narkoba

Di tengah-tengah situ ada pulau yang rindang dipenuhi pepohonan, kita bisa menikmati udara segar di tengah pulau dengan dikelilingi oleh air situ wanayasa.

Setelah kita menikmati pemandangan alamnya, jangan lupa untuk menikmati kuliner khas purwakarta yaitu sate maranggi yang tersedia di sekitar obyek wisata Situ Wanayasa.

4. Wisata Gunung Parang, bagi yang senang dengan panjat tebing dan aksi spektakuler alangkah baiknya mencoba kemiringan gunung parang, karena gunung parang merupakan salah satu ikon tempat panjat tebing yang sudah diakui dunia.

Di destinasi wisata Gunung Parang ini bahkan seringkali akan bertemu dengan turis-turis asing yang akan melakukan olah raga panjat tebing atau kegiatan uji andrenalin.

5. Destinasi wisata Curug Cijalu, bagi yang suka hiking , bisa menikmati indahnya curug cijalu, yang berada di perbatasan subang purwakarta.

Lokasinya yang berada di pedalaman akan membuat badan sehat, karena kita harus bersusah payah mencapai lokasi dengan berjalan.

Saat sampai semua rasa lelah akan terobati, saat menikmati pemandangan curug yang luar biasa indahnya ditambah segarnya air dari pegunungan.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Purwakarta Hari Ini Sabtu 15 Oktober 2022

6. Destinasi wisata Curug Telu, yang berada di Kecamatan Sukasari. Para wisatawan bisa menuju lokasi dengan dipandu oleh masyarakat sekitar yang ramah dan murah senyum.

Fenomena alam yang unik karena air yang mengalir dari atas menjadi tiga umpakan, sehingga dinamai curug telu.

7. Yang tidak kalah menarik yaitu obyek wisata pemandangan alam Panenjoan, yang terletak di Kecamatan Bojong. Obyek wisata ini terbilang baru, karena baru beberapa bulan ini dibuka untuk umum.

Asrinya alam akan kita nikmati dari atas jembatan bambu buatan yang membentang dan memanjang di atas bukit, di atas kebun teh. Tempat ini sangat romantis bagi yang memiliki pasangan, sebaiknya mencoba tempat ini.

Itulah ke 7 destinasi wisata yang ada di Purwkarta yang harus dikunjungi bersama keluarga saat mengisi liburan panjang atau setiap akhir pekan. Selain itu, masih banyak destinasi wisata lainnya, seperti Museum Diorama Bale Panyawangan, wisata kuliner sate Maranggi Plered dan Bungursari, dan lainnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat