Makan Menggunakan Tangan Itu Lebih Baik

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi kebanyakan orang, makan menggunakan sendok adalah suatu hal yang umum. Namun tahukah anda jika makan menggunakan tangan ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Fakta ini baru terungkap 14 abad setelah Rasulullah menganjurkan umatnya menggunakan tangan kanan untuk makan dan minum. Bahkan Rasulullah menyamakan orang yang makan dan minum dengan tangan kiri sebagai setan. Pasalnya setan makan dan minum dengan tangan kiri.

Rasulullah bersabda “Jika salah seorang kalian makan hendaklah dia makan dengan tangan kanannya, dan jika minum hendaklah dia minum dengan tangan kanannya, karena sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya,” (HR. Muslim. no. 2020).

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Dr. Charles Gerba dari Universitas Arizona, mengatakan bahwa kita tidak mungkin menghalangi kuman dan bakteri masuk ke dalam lingkungan kita.

Meskipun begitu, kita bisa memerangi kuman dengan cara mencuci tangan setiap sebelum dan selesai beraktivitas. Cairan pembersih masih dianjurkan karena fungsinya adalah menghancurkan membran sel bakteri sehingga aktivitasnya nyaris terhenti. Disamping itu, tubuh kita sudah memiliki sistem kekebalan sendiri yang bisa dioptimalkan dengan berbagai macam cara.

Baca Juga:  Mantan Dirut PJT II Ditahan KPK

Banyak orang beralasan makan menggunakan sendok sebagai alasan lebih higienis dibandingkan makan dengan menggunakan tangan. Hal tersebut belum sepenuhnya benar, karena menurut penelitian, sendok dan tangan memungkinkan terjadinya kontaminasi dengan bakteri.

Sendok bisa lebih bersih dari tangan jika sendok memang dikondisikan pada suatu tempat yang higienis. Paling tidak, kelembapan udara di ruangan selama sendok itu didiamkan tidaklah tinggi. Sebab uap air adalah medium bakteri berpindah tempat.

Namun apakah sendok sendok di rumah kita mendapat penjagaan ketat seperti itu? Lalu bagaimanakah dengan tangan?

Tangan memang sering terkontaminasi dengan bakteri akibat aktifitas tubuh kita, sehingga jika kondisi tangan sebelum dicuci, jelas persentasi bakteri dalam tangan akan lebih besar dibandingkan pada sendok yang baru saja dicuci. Oleh karena itu, kita perlu mencuci tangan kita untuk menghapus bakteri pada tangan. Kondisinya sama seperti kita menghapus minyak pada tangan kita dengan sabun.

Baca Juga:  Ahmad Dhani Divonis 1 Tahun Penjara Atas Kasus 'Idiot'

Pada kondisi yang sama-sama telah dicuci baik sendok maupun tangan, tangan memiliki kebersihan yang lebih terjamin. Karena tangan mengandung enzim RNAase yang disekresikan oleh tangan kita.

Enzim ini berfungsi untuk kekebalan tubuh kita dan proteksi terhadap berbagai macam bakteri. Enzim ini selalu disekresikan. Ketika tangan anda kotor, maka enzim ini sedang mengikat bakteri sehingga aktifitas bakteri itu tidak dapat maksimal. Namun jika sangat kotor, maka persentase bakteri akan jauh lebih besar sehingga bakteri akan menaklukan pengaruh dari RNAase.

Saat tangan dicuci, maka bakteri akan terkikis sehingga persentase enzim pun menjadi lebih banyak. Dan ketika makan, enzim ini terus mengikat bakteri dan masuk ke dalam tubuh. Enzim tersebut membunuh bakteri selama proses pencernaan.

Baca Juga:  Pesinetron Rebecca Tamara Minta Maaf Atas Shooting di Lokasi Pengungsian Erupsi Semeru

Ketika sendok dicuci, tidak semua bakteri akan terkikis begitu saja, termasuk masih menempelnya bakteri yang membahayakan tubuh sebab bakteri tidak sepenuhnya merugikan.

Ketika anda makan dengan menggunakan sendok, maka bakteri yang membahayakan tersebut akan masuk ke dalam tubuh tanpa adanya perlawanan dari enzim RNAase tersebut.

Pemakaian cairan pembersih pun aman, sebab sistem kerjanya adalah merusak lapisan membran terluar pada bakteri sehingga bakteri akan lebih non-aktif.

Makan dengan menggunakan tangan adalah sunnah dan lebih safety dibandingkan memakai sendok. Tak hanya itu saja, Nabi pun bahkan mengemut kelima jarinya satu persatu setelah makan. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari baitulmaqdis.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat