• Selasa, 26 Oktober 2021

Gempa Bumi Kembali Guncang Kabupaten Bandung, Ini Penyebabnya

- Minggu, 15 November 2020 | 20:24 WIB
Ilustrasi- Gempa bumi. (Foto: Net)
Ilustrasi- Gempa bumi. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Gempa bumi tektonik kembali mengguncang Kabupaten Bandung, Minggu (15/11/2020) pagi, sekitar pukul 6.11 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa bumi tersebut berkekuatan magnitudo 3,0.

Episenter gempa terletak pada koordinat 7.16 LS dan 107.5 BT. Koordinat tersebut berlokasi di darat pada jarak 15 km barat daya Kabupaten Bandung pada kedalaman 14 kilometer.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa yang mengguncang Kecamatan Rancabali ini dipicu oleh aktivitas Sesar Garsela.

"Gempa 3,0 guncang Kecamatan Rancabali di Kabupaten Bandung pagi ini, dipicu Sesar Garut Selatan (Garsela)," kata Daryono, seperti yang dia tulis di akun Twitter pribadinya, Minggu (15/11/2020).

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho menyebutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kecamatan Rancabali.

Gempa bumi tersebut memiliki Skala Intensitas II MMI, yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Pantauan hingga pukul 6.19 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock. (Red)

Editor: Yoyo W

Tags

Terkini

Hoax! Uni Eropa Akan Menghentikan Vaksin Covid-19

Senin, 25 Oktober 2021 | 12:23 WIB
X