• Sabtu, 27 November 2021

Pendidikan Karakter di Purwakarta: Siswa Pakai 'Kanjut Kundang' Bawa Beras, Terkumpul 16,9 Ton

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 19:17 WIB
Para siswa di Kabupeten Purwakarta mengumpulkan beras, dalam Program pendidikan karakter 7 poe atikan istimewa. (istimewa)
Para siswa di Kabupeten Purwakarta mengumpulkan beras, dalam Program pendidikan karakter 7 poe atikan istimewa. (istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Program pendidikan karakter 7 poe atikan istimewa di Kabupaten Purwakarta, pada Kamis 28 Oktober 2021 berhasil mengumpulkan sebanyak 16.941 kilogram beras yang terhimpun dari kegiatan 'beras pèrèlèk'.

Program tersebut, dilakukan hasil dari kegiatan pembiasaan pengumpulan 'beas kaheman' (Berkah), yang mana telah disalrukan langsung oleh siswa kepada warga dengan jumlah sasaran 5.336 orang.

Adapun rincian penerimaan beas kaheman dari staf dan pejabat disdik 30 kg, SD 13.395 kg, SMP 3.486 kg dan TK 30 kg. Dari data ini kalau dalam bentuk uang terkumpul 134.659.465 rupiah dan semuanya telah disalurkan kepada yang berhak menerima.

Baca Juga: Persib Jadi Tim Tak Terkalahkan di Liga 1 2021, Ini Kesan Mohammed Rashid

Baca Juga: Inilah Pesan DPKP3 Kota Bandung Agar Pohon Tidak Tumbang, Simak!

"Ini bentuk pembelajaran aplikatif menumbuhkan nilai-nilai gotong royong, empati dan saling berbagi. Intenslisasi nilai ini merupakan ikhtiar kongkrit yang terintegrasi dengan pembelajaran ditiap satuan pendidikan di Kabupaten Purwakarta," ujar Kepala Dinas Kabupaten Purwakarta, Purwanto. mendampingi Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di SMPN 7 Purwakarta.

Baca Juga: Jelang Musda KNPI, Pemuda Pancasila Purwakarta Siapkan Kader Terbaik

Baca Juga: Apa Benar Minum Air Es Bisa Menyebabkan Gemuk? Ini Kata dr. Nadia Alaydrus

Tak hanya itu, uniknya dalam pengumpulan beras tersebut, para siswa tidak menggunakan kantong pelastik, melainkan mereka harus mengguna kantong dari kain yg dibuat sendiri oleh siswa yang biasa disebut kanjut kundang dalam bahasa Sunda.

Halaman:

Editor: Iqbal Safana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sempat Ricuh, Kapolda Sumut Tinjau Pilkades di Dairi

Sabtu, 27 November 2021 | 12:48 WIB
X