Keren, Pemuda Purwakarta Ini Ciptakan Aplikasi Pemilu Online

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam era digital saat ini, generasi muda dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat.

Internet sudah menjadi keniscayaan dalam berbagai aktifitas individu maupun sosial masyarakat sehari-hari. 

Mulai dari memesan makan dan minuman, membeli barang-barang maupun sistem tata kelola dalam suatu lembaga.

Baca Juga: Begini Cara Mengurangi Nyeri Lutut Versi dr. Kevin Mak

Baca Juga: Antisifasi La Lina, Pengosongan Air Waduk Jatiluhur Sudah Dimulai

Kreativitas dan inovasi menjadi dua kata yang sangat penting untuk hadir dalam diri generasi muda dalam memanfaatkan sekaligus mengembangkan teknologi digital saat ini.

Baca Juga: Inilah Hal yang Harus Kalian lakukan Ketika Sedang Haid

Baca Juga:  Oded M Danial Kukuhkan Karang Tarauna Kota Bandung periode 2019-2024, Ini Harapannya

Baca Juga: Hari Pahlawan, Ada Vocher Gratisp Naik Kereta Buat Nakes, Guru dan Veteran RI

Seperti yang dilakukan Richie Imani mahasiswa jurusan Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang telah mengembangkan sebuah aplikasi pemilu secara online melalui platform pemilu.web.id.

Diketahui, aplikasi ini memberikan kemudahan bagi organisasi atau lembaga dalam proses pemilihan pimpinan atau ketua secara online dengan berbasis web.

Menurut Richie, aplikasi ini telah digunakan oleh beberapa institusi atau organisasi, diantaranya Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran (HIMA HI UNPAD) dan Pemilihan Raya Himpunan Mahasiswa Matematika Institusi Teknologi Bandung (PEMIRA HIMATIKA ITB).

Baca Juga:  Mantan Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman Bebas, Disambut Bak Pahlawan

“Alhamdulillaah aplikasi ini sudah digunakan oleh beberapa organisasi kemahasiswaan maupun lainnya yang tidak dapat saya sebutkan. Secara umum mereka puas menggunakan aplikasi yang saya kembangkan,” ungkap Richie saat ditemui di kantor Disporaparbud Purwakarta, Jumat, 4 November 2021.

Baca Juga: Ternyata Ini yang Bisa Jadi Faktor Penyebab Gangguan Kesuburan Menurut dr. Probo Mangastomo

Baca Juga: Empat Manfaat Tanaman Melati Bagi Kesehatan Tubuh

Melihat inovasi karya pemuda usia 22 tahun asal Purwakarta tersebut, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta melalui Kepala Bidang Kepemudaan, Ahmad Arif Imamulhaq mengaku bangga dengan inovasi tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Kulit Saat Musim Hujan

Baca Juga:  Kasus Penangkapan Oknum MUI yang Terlibat Teroris, Mahfud MD Tanggapi Ini

Baca Juga: Empat Manfaat Tanaman Melati Bagi Kesehatan Tubuh

“Tentu kami sangat bangga dengan inovasi aplikasi yang dikembangkan oleh Richie Imani yang notabene generasi muda Purwakarta ini. Aplikasi ini dapat digunakan oleh para pelajar dalam pemilihan ketua OSIS atau rekan mahasiswa dalam pemilihan BEM dan sebagainya,” ucap pria yang akrab disapa Arif.

Mungkin suatu saat, sambung dia, inovasi ini juga dapat dikembangkan menjadi aplikasi yang dipergunakan dalam pemilihan umum nasional. 

“Di Hari inovasi Indonesia di bulan November ini, karya Richie Imani menjadi hadiah bagi kita semua, warga masyarakat Purwakarta, khususnya generasi muda,” tungkas Arif. (Gin)