Soal Kecelakaan Maut Truk Tangki di Bekasi, DPR RI Minta PT Pertamina Tanggung Jawab ke Korban

Kecelakaan maut yang terjadi di Jalan Raya Artenatif Transyogi-Cibubur, RT 01 RW 01, Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Senin (18/7/2022). (Foto: Medcom).

Sebelumnya, Anggota Komisi VI DPR Achmad Baidowi meminta PT Pertamina Patra Niaga melakukan investigasi terhadap armada truk tangki yang alami kecelakaan maut di Jalan Alternatif Cibubur, Kota Bekasi.

Investigasi bukan saja terkait dengan armada yang akami kecelakaan, melainkan juga kondisi sopir yang bertugas saat itu.

Baca Juga:  Bebegig Sukamantri, Ragag-Rigig Seni Hélaran ti Ciamis

“Berarti kan harus dilakukan investigasi internal ini kenapa rem itu blong, apakah tidak lolos uji KIR terus dipaksakan? Tentu Pertamina harus memiliki SOP dan tentunya sudah memiliki SOP dan semua harus mengikuti SOP terkait kelaikan sebuah armada,” kata Baidowi dihubungi, Selasa (19/6/2022).

Baca Juga:  PSI Bersorak Ria, Gorden Mewah DPR RI Akhirnya Dibatalkan

Menurut Baidowi Pertamina juga perlu untuk melakukan pengecekan terhadap seluruh armada truk tangki yang mereka operasionalkan. Pengecekan itu harus secara menyeluruh guna menghindari kecelakan serupa terulang. Bukan cuamma Pertamina, Baidowi memandang bahwa Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) perlu dilibatkan untuk melakukan audit.

Baca Juga:  Beda Sikap, Dedi Mulyadi Kasih Pekerjaan Guru yang Dipecat Setelah Kritik Ridwan Kamil di Medsos

“Kami minta KNKT melakuka audit terhadap peristiwa kecelakaan ini karena ini melibatkan truk milik BUMN, yakni Pertamina. Kita minta Pertamina juga melakukan audit internal atau pun investigasi internal terhadap armada yang mengalami kecelakaan tersebut termasuk juga armada-armada lainnya juga kelaikan dari kendaraan tersebut,” tandas Baidowi.