Ini Khasiat Cincau Untuk Kebugaran Tubuh

JABARNEWS | PURWAKARTA – Terik panas cuaca pada siang dan sore hari di Purwakarta membuat cepat haus dan ingin menikmati minuman es yang segar.

Salah satu minuman dingin tradisional yang dijamin cocok untuk menghilangkan rasa haus dengan kesegaran alami adalah minuman tradisional es cincau hijau.

Perpaduan antara kenyal dan lembutnya cincau, gurihnya santan, manis khasnya gula merah, dan segarnya es serut pasti mampu menghilangkan dahaga dengan maksimal.

Baca Juga:  Koq Kang Uu Mangkir Lagi Dari Panggilan Pengadilan?

Es cincau hijau terdiri dari cincau yang berwarna hijau terbuat dari rendaman daun tanaman rambat Cylea berbata Myers dan tanaman Premna oblongifolia. Ternyata kedua daun cincau tersebut berkhasiat untuk meredakan radang tenggorokan dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Sementara itu gula merah berkhasiat mencegah anemia, asma, dan nyeri saat menstruasi.

Santan yang terkandung dalam es cincau hijau mengandung lemak jenuh yang sangat efektif untuk meningkatkan kadar kolesterol baik. Santan juga banyak mengandung nutrisi seperti Vitamin C dan juga asam Laurat yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga:  Persiapan KBM Tatap Muka, Gedung Sekolah di Cijati Cianjur Mulai Dibersihkan

Di Purwakarta sendiri, sangat mudah untuk membeli es cincau hijau. Salah satunya di areal wisata Taman Air Mancur Sri Baduga.

“Saat panas gini memang cucok minum es cincau hijau. Kesegarannya natural,” kata salah satu pelajar, Agus Herman (17), yang sedang menikmati kesegaran es cincau hijau setelah berolahraga bersama teman-temannya di sekitaran Taman Air Mancur Sri Baduga, Jalan Siliwangi Kab. Purwakarta, Jumat (20/7/2018).

Baca Juga:  Dikira Terkena Sihir, Begini Pengakuan Ibu Yang Melahirkan Tanpa Mengandung

Agus mengaku, meskipun banyak minuman kekinian yang mencampurkan minuman non tradisional seperti cappucino dengan cincau, ia tetap mengakui kalau jenis minuman cincau yang paling enak adalah es cincau hijau.

“Belum ada penggantinya, es cincau hijau original mah masih the best bingits bagi saya,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat