Enam Amalan yang Dianjurkan Saat Hari Raya Idul Adha

Jutaan umat Islam yang melaksanakan ibadah haji berkumpul di padang Arafah
Jutaan umat Islam yang melaksanakan ibadah haji berkumpul di padang Arafah. (foto: istimewa)

Menggunakan pakaian bersih dan suci

Dalam menyambut Idul Adha, umat Islam dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang terbaik, bersih, dan suci. Beberapa ulama menyebutkan bahwa mengenakan pakaian putih dan serban adalah yang paling utama. Pakaian putih ini khusus bagi para pria yang akan bergabung dengan jamaah shalat Idul Adha, maupun bagi mereka yang tidak ikut shalat.

Baca Juga:  Ratusan Petugas Diterjunkan untuk Cek Kesehatan Hewan Kurban di Karawang

Sedangkan bagi wanita, cukup memakai pakaian sederhana atau pakaian sehari-hari yang biasa ia kenakan. Berlebihan dalam berdandan dan berpakaian, serta penggunaan wangi-wangian yang berlebihan, dianggap makruh, sesuai dengan penjelasan dalam kitab Raudlatut Thalibin.

Baca Juga:  Jadi Khotib Shalat Idul Adha di Bandung, Ini Pesan Amien Rais bagi Warga Muhammadiyah

Hal ini juga sesuai sabda Nabi Muhammad saw dalan hadits yang diriwayatkan dari Sahabat Ibnu Abbas RA, “Rasulullah saw di hari raya Id memakai Burda Hibarah (pakaian yang indah berasal dari Yaman).”

Baca Juga:  Jelang Idul Adha, Polisi di Purwakarta Terus Lakukan Pencegahan PMK

Jalan kaki ke masjid

Disarankan untuk berjalan kaki saat menuju masjid atau tempat shalat Idul Adha. Ini merupakan tindakan yang lebih utama. Namun, bagi orang yang lanjut usia atau tidak mampu berjalan, menggunakan kendaraan untuk pergi ke tempat tersebut diperbolehkan.