Enam Amalan yang Dianjurkan Saat Hari Raya Idul Adha

Jutaan umat Islam yang melaksanakan ibadah haji berkumpul di padang Arafah
Jutaan umat Islam yang melaksanakan ibadah haji berkumpul di padang Arafah. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Di Indonesia, penetapan Hari Raya Idul Adha tahun 2023 berlangsung berbeda. Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan hari istimewa bagi umat Islam itu pada tanggal 28 Juni 2023. Sementara Nahdlatul Ulama (NU) menetapkannya sehari setelahnya, yakni tanggal 29 Juni 2023.

Baca Juga:  Besok Shalat Idul Adha, PP Muhammadiyah Keluarkan Surat Edaran, Ini Isinya

Namun demikian, perbedaan penetapan Hari Raya Idul Adha tahun 2023 tak mengganggu kekhusuan umat Islam di Indonesia untuk menjalankan ibadahnya.

Layaknya hari yang penuh rahmat, sejumlah amalan pun dianjurkan pada Hari Raya Idul Adha. Berikut enam amalan yang dianjurkan sebagaimana ditulis Fuad H Basya dalam artikel NU Online berjudul Enam Amalan Sunnah di Idul Adha.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 18 November 2022, Scorpio, Sagitarius dan Capricorn

Mengumandangkan takbir

Salah satu anjuran utama pada Hari Raya Idul Adha adalah melantunkan takbir di masjid-masjid, mushalla, dan rumah-rumah. Anjuran ini dapat dimulai pada malam hari sebelum Idul Adha, dan berlangsung hingga akhir hari tasyrik, yaitu tanggal 13 Dzulhijjah 1444 H.

Baca Juga:  Jelang Idul Adha, Polisi Di Purwakarta Intens Blusukan ke Kandang Ternak dan Lapak Hewan

Adapun dalam kitab Raudlatut Thalibin disebutkan bahwa sangat dianjurkan untuk melantunkan takbir sejak matahari terbenam pada malam hari raya, serta mengisi malam hari raya tersebut dengan berbagai ibadah yang dianjurkan.