Gempa Bumi Magnitudo 5.6 Guncang Nias Utara, Kepala BPBD: Saya Terkejut

JABARNEWS I NIAS UTARA – Badan Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika (BMKG)  melaporkan terjadi gempa bumi dengan magnitudo 5.6 SR di Kabupaten Nias barat, Sumatera Utara, Sabtu (10/7/2021).

Data BMKG, gempa bumi berada pada titik koordinat 1.94 Lintang Utara dan 96.91 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 75 km Baratlaut, Nias Utara di kedalaman 10 Km.

Baca Juga:  Makanan Sumber Probiotik yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Ini Pilihannya

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto menjelaskan, gempa bumi dirasakan masyarakat Gunung Sitoli dan Kabupaten Karo, namun tidak berpotensi tsunami.

“Gempa bumi magnitudo 5.6 tidak berpotensi tsunami,” ucapnya.

Kata dia, gempa bumi susulan bermagnitudo 4.6 pada pukul 09.47 WIB, titik koordinat 1.65 Lintang Utara dan 96.68 Bujur Timur pada jarak 79 km Baratlaut, Nias Utara di kedalaman 29 Km.

Baca Juga:  Cara Cek Nomor HP Telkomsel, XL, Axis, 3, Indosat dan Smartfren

“Kemudian terjadi gempa magnitudo 4.1 pukul 10.01 WIB, titik koordinat 1.69 Lintang Utara dan 96.72 Bujur Timur pada jarak 76 km Baratlaut, Nias Utara di kedalaman 17 Km,” ucap Hartarto.

Baca Juga:  Resmi Dilantik Jadi Bupati Cianjur, Ini Janji Herman Suherman

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Nias utara, Herman Zebua SPd mengatakan, gempa bumi magnitudo 5.6 dirasakan masyarakat Nias Utara dengan getaran selama 4 detik,namun tidak berpotensi tsunami.

“Saya sempat terkejut merasakan getaran gempa saat duduk didepan rumah melihat laut lepas,” ucapnya. (Ptr)