Hati-hati Jika Telinga Terasa Gatal, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABAR NEWS | BANDUNG – Telinga gatal sering dianggap sebagai hal yang biasa. Padahal, telinga gatal dapat menjadi tanda adanya kondisi kesehatan yang lebih serius. 

Mengetahui berbagai kemungkinan penyebabnya dapat membuat Anda lebih siap menangani kondisi tersebut. Maka dari itu kalian bisa memeriksanya ke dokter.

Oleh karena itu dilansir dari banyak sumber, berikut beberapa penyebab telinga gatal yakni:

Baca Juga:  Wayang Sukuraga Eksis Di Thailand

Pertama. Infeksi telinga (otitis eksterna) – Otitis eksterna adalah infeksi pada saluran yang menghubungkan lubang telinga luar dengan gendang telinga. Kondisi ini disebut juga sebagai swimmer’s ear karena sering terjadi ketika berenang.

Air yang tersisa dalam saluran telinga dapat menjadi media perkembangbiakan bakteri dan jamur. Selain gatal dan nyeri, infeksi juga dapat menyebabkan telinga merah dan bengkak.

Baca Juga:  Brimob Polda Jabar Geruduk Sejumlah Warga di Cipanas Cianjur

Kedua. Penumpukan kotoran telinga – Tubuh dapat memproduksi terlalu banyak kotoran telinga, sehingga terjadi penumpukan kotoran pada saluran telinga. 

Kondisi ini disebut juga serumen prop. Kotoran telinga ini sebenarnya berperan melindungi telinga bagian dalam dari bakteri dan debu.

Baca Juga:  Lantik Pj Sekda Kabupaten Bandung, Begini Pesan Uu Ruzhanul Ulum

Ketiga. Psoriasis – Psoriasis merupakan penyakit jangka panjang (kronis) yang menyerang kulit. Gejala psoriasis antara lain adalah ruam merah. 

Selain itu, kulit menebal hingga terkelupas, dan terasa kering serta bersisik. Gejala ini bisa muncul di bagian kulit manapun termasuk telinga. (Red)