Mengunjungi Kampung Batik Trusmi Sebagai Objek Wisata Cirebon

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai salah satu Kota yang memiliki banyak destinasi wisata religi maupun wisata alam, Cirebon juga ternyata memiliki tempat wisata Kampung batik yang bisa kalian kunjungi.

Dahulu, nama Kampung Batik Trusmi ini diberikan oleh salah satu tokoh penyebar agama islam di Jawa Barat yang bernama Syarif Hidayatullah atau biasa dikenal dengan nama Sunan Gunung Djati. Kampung Batik Trusmi ini memiliki arti bersemi dan berasal dari kata Trusmi.

Berlokasi di Jalan Plered, Cirebon atau sekitar 4 Km dari pusat kota. Tempat wisata Kampung Batik Trusmi ini merupakan salah satu ikon dari Cirebon, Hal itu terjadi karena tempat tersebut banyak terdapat penjual dan pengrajin batik dari Cirebon.

Baca Juga:  Satgas Terbitkan SE Baru Soal Perjalanan Dalam Negeri, Berlaku April 2021

Selain itu, disana kalian bisa belajar langsung membuat batik khas dari Cirebon yang diajarkan oleh pengrajin yang ada disana. Tentunya hal tersebut bisa menjadi momen berharga yang kalian dapatkan.

Di Kampung Batik Trusmi Cirebon Ini kalian bisa menemukan salah satu motif batik yang terkenal yaitu Batik Megamendung, Motif ini melambangkan awan pembawa hujan sebagai lambang kesuburan dan pemberi kehidupan.

Baca Juga:  Khasiat Daun Salam Bisa Hilang Ketika Disimpan Dalam Freezer? Ini Kata dr. Tania Inggrid

Selain Batik Mega Mendung, disana kalian juga bisa menemukan berbagai jenis batik lainya yang sudah dibuat menjadi berbagai macam jenis pakaian seperti daster, Kemeja, mukena dan masih banyak lainnya.

Harga batik disisni dibanderol mulai dari 20rb – 1 jt yang tergantung dengan jenis batik yang dipilih. Namun, kalian perlu mengunjungi toko berbeda untuk perbandingan harga karena tiap toko menawarkan harga yang berbeda.

Baca Juga:  IKWI Cianjur Bantu Pembangunan Pondok Pesantren Al-Mudaroh

Bukan mengenai Batiknya saja, Kampung Batik Trusmi ini juga cocok digunakan sebagai spot foto garpi bertema Street art. Sungguh menarik bukan tempat wisata kampung batik Trusmi Cirebon ini.

Bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata Kampung Batik Trusmi ini, kalian bisa menggunakan transportasi pribadi menggunakan mobil atau pun motor. Untuk kalian warga Bandung yang ingin berkunjung ke kampung wisata batik ini kalian bisa melalui jalur Bandung – Cirebon lewat jalan raya Sumedang dan Majalengka. (Mal)