Ini Keutamaan Puasa Arafah Yang Jarang Orang Ketahui

JABARNEWS | BANDUNG – Puasa Arafah sudah pasti menjadi amalan sunah yang membawa banyak berkah. Bukan hanya itu saja, jika kita mampu melaksanakannya dengan niat yang ikhlas dan ridho dari Allah Ta’ala, bersiaplah untuk mendapatkan keutamaan yang tiada duanya.

Dzulhijjah merupakan bulan yang Allah agungkan. Mengapa? Karena dalam bulan tersebut mempunyai banyak keutamaan dan keberkahan. Salah satu cara mendapatkan banyak keutamaan di bulan ini yakni dengan cara puasa arafah.

Oleh sebab itu berikut beberapa keutamaan puasa arafah yakni:

Pertama. Amalan yang Sama dengan Puasa Satu Tahun – Untuk hari puasa Hari Arafah biasanya pada tanggal 8 Dzulhijjah. Sedangkan puasa Arafah pada tanggal setelahnya. Dalam hadits riwayat Ali Al-Muhairi menjelaskan bahwa siapa saja yang puasa pada 10 hari, maka sama dengan ia puasa satu bulan.

Baca Juga:  Libur Lebaran, Curug Tilu Dipadati Pengunjung

Sedang siapa yang puasa Tarwiyah, maka sama seperti halnya puasa setahun dan siapa yang puasa Arafah maka sama seperti ia puasa dua tahun. Puasa satu hari penuh dengan niat yang ikhlas dan hanya mengharap ridho Allah semata sama dengan puasa dua tahun.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Dorong Perempuan Kembangkan Perekonomian Di Jawa Barat

Kedua. Amalan yang Allah Cintai – Perlu diketahui bahwasannya puasa Arafah dan Tarwiyah itu salah satu amalan yang Allah cintai. Maa Syaa Allah ternyata ada banyak amalan yang bisa kita lakukan untuk sampai ke surga Allah.

Pasalnya, memang tidak ada amalan terbaik sepuluh hari pertama dibulan Dzulhijjah. Barangsiapa yang berpuasa satu hari dengan niat yang Lillah, maka sama seperti halnya ia berpuasa dua tahun.

Barang siapa yang melaksanakan shalat malam, hal tersebut juga sebanding dengan ketika shalat pada malam lailatul qadar. Bahkan amalan puasa tersebut juga lebih baik daripada jihad fii sabilillah kecuali kalau ia mati syahid.

Baca Juga:  Berikut Beberapa Kebiasaan Buruk Saat Mandi, Diantaranya Melilit Rambut Dengan Handuk

Ketiga. Menghapuskan Dosa yang Telah Lalu – Manusia adalah tempatnya dosa dan salah. Allah dengan kebesarannya memberikan kita kemudahan. Hanya dengan puasa Arafah dan Tarwiyah, maka dosa-dosa yang kita telah perbuat akan Allah hapuskan.

Padahal dosa kita berapa banyak. Tak terhingga pastinya. Bagaimana tobatnya, jarang. Mengejar kehidupan dunia terus-terusan tanpa mengingat padahal kelak akan kekal di akhirat. Begitulah manusia tidak memikirkan bekal untuk menyambut akhiratnya. (Red)