Mengenal Ragam Manfaat Bawang dayak Bagi Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Ada banyak manfaat bawang Dayak bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Berkat manfaatnya tersebut, bawang Dayak bahkan telah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional untuk mengatasi sejumlah penyakit.

Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia L Merr) adalah jenis bawang yang berasal dari Kalimantan, Indonesia. Bentuknya hampir sama dengan bawang merah, namun lebih pipih. Ditambah lagi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Raperda Pendidikan Keagamaan Ditarik, Diusulkan Jadi Pergub

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat bawang dayak bagi kesehatan yakni:

Pertama. Mencegah infeksi bakteri – Berkat sifat antibakteri yang baik, bawang Dayak dapat mencegah Anda mengalami penyakit akibat infeksi bakteri.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menyebutkan bahwa ekstrak etanol bawang Dayak mampu melawan bakteri patogen Staphylococcus aureus yang bisa menyebabkan berbagai infeksi, seperti infeksi kulit, sepsis, dan osteomielitis.

Baca Juga:  Kunjungi Tahura, Gubernur Gyeongsangbuk-Do Berasa Ada di Surganya Bumi

Kedua. Mencegah penyakit diabetes – Bawang Dayak juga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Pasalnya, kandungan eleutherol, eleuthocide A, dan eleutherinoside B yang ada pada bawang Dayak memiliki sifat antidiabetik.

Kandungan tersebut bisa membantu menurunkan kadar glukosa di dalam darah, sehingga Anda juga bisa terhindar dari risiko menderita penyakit diabetes.

Baca Juga:  Disini Wadahnya Komunitas Se-Bandung Raya

Ketiga. Mencerahkan Kulit – Selain mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi, mengkonsumsi bawang dayak juga berkhasiat memelihara kesehatan kulit secara keseluruhan.

Bonusnya lagi, bumbu dapur tersebut juga bisa membuat kulit lebih cerah dan mencegah timbulnya flek atau bintik hitam. Tentunya bawang satu ini cukup bermanfaat bagi kulit kita. (Red)