Begini Cara Pakai Tabung Oksigen Portable Di Rumah, Ikuti Langkahnya

JABARNEWS | BANDUNG – Cara pakai tabung oksigen portable di rumah memang terbilang gampang-gampang susah. Penyakit pernapasan atau infeksi yang menyerang paru-paru, seperti COVID-19, dapat menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. hal itu menyebabkan kalian mesti menggunakan oksigen portable di rumah.

Banyak orang tidak mengerti bagaimana cara pakai tabung oksigen portable di rumah. Padahal, ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk sekedar pakai tabung oksigen portable di rumah.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara pakai tabung oksigen portable di rumah yakni:

Baca Juga:  Inilah 4 Jenis Makanan Yang Wajib Anda Konsumsi Saat Berbuka Puasa

Pertama. Cek persediaan oksigen pada tabung – Pertama, Anda perlu memeriksa persedian oksigen di dalam tabung. Sebelum menyentuh tabung dan selang oksigen, pastikan untuk cuci tangan dan mengeringkannya.

Cara mengecek persediaan bisa berbeda untuk setiap tabung oksigen. Umumnya, tabung oksigen hanya perlu dinyalakan sampai terlihat jumlah oksigen di dalam tabung.

Kedua. Pasang selang pada tabung oksigen – Bersamaan dengan tabung oksigen, Anda biasanya akan mendapatkan dua selang. Pertama adalah selang konektor yang perlu dihubungkan dengan tabung dan kedua yaitu kateter hidung (kanula) untuk menghirup oksigen

Baca Juga:  Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Polisi Periksa 17 Saksi

Pasangkan selang pada tabung oksigen, lalu hubungkan selang ini dengan kanula. Saat memasang selang, luruskan posisinya sehingga aliran oksigen tidak tersumbat.

Ketiga. Atur laju aliran atau tekanan oksigen – Setelah tabung oksigen siap untuk digunakan, atur aliran oksigen sesuai dengan kecepatan yang dianjurkan dokter atau penyedia layanan terapi oksigen.

Baca Juga:  Aher Raih "Anugrah Manusya Mriga Satwa Sewaka"

Satu hal yang penting diingat dalam cara memakai tabung oksigen dengan benar adalah hindari untuk mengubah laju aliran selama oksigen mengalir.

Keempat. Pasang kanula pada hidung – Letakkan kanula di kedua lubang hidung, lalu bernafaslah seperti biasa. Rasakan apakah oksigen sudah mengalir atau belum.

Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan tes sederhana seperti mengarahkan lubang kanula ke dalam segelas air. Jika oksigen mengalir, akan muncul gelembung pada permukaan air. (Red)