Mengenal Jenis Psikotes Yang Sering Ditemukan Saat Melamar Kerja

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam dunia pekerjaan, ada banyak proses yang bisa dilalui. Salah satunya yakni Jenis psikotes ketika melamar pekerjaan.

Sebelum diterima bekerja di suatu perusahaan, kamu wajib mengikuti serangkaian tes. Salah satunya adalah tes psikotes. Lalu, apa saja jenis psikotes yang sering diuji?

Berikut beberapa jenis psikotes yang sering ditemukan saat melamar kerja yakni:

Pertama. Aritmatika – Seperti namanya, tes ini berupa pertanyaan seputar perhitungan dengan tingkat kesulitan yang beragam. Biasanya dimulai dari soal yang mudah, sedang, hingga sangat sulit. Bahkan beberapa pertanyaannya sering berupa cerita.

Baca Juga:  Guru Eko Kena Damprat Oleh Aparat Desa Karena Unggah Jalan Rusak, Akhirnya Damai

Menjawab pertanyaan aritmatika membutuhkan strategi tertentu agar kamu dapat mengerjakan soalnya dengan cepat. Sebaiknya perbanyak latihan agar semakin terbiasa, jadi waktu yang ada cukup untuk mengerjakan semua pertanyaan dalam tes.

Baca Juga:  Belum Direspon Dinas Terkait, Kades Kumpay Tambal Jalan Berlubang

Kedua. Kemampuan verbal – Dalam tes psikotes sebelumnya, kamu mungkin menemukan pertanyaan berupa sinonim dan antonim. Ini dia yang dinamakan tes kemampuan verbal. Secara keseluruhan tidak sulit, tapi seringkali menjebak.

Untuk memudah pengerjaan, sebaiknya perbanyak membaca tentang kosakata. Mulai dari yang umum hingga jarang didengar, jadi kamu tidak kesulitan saat mengerjakan soalnya.

Ketiga. Mengasah daya ingatan – Dalam mengikuti tes psikotes, kamu mungkin akan menemui jenis yang satu ini. Bentuk soal biasanya berupa mengisi kembali kata atau kalimat dari teks yang sebelumnya ditampilkan.

Baca Juga:  Satgas: Kasus Covid-19 di Kabupaten Sukabumi Didominasi Kaum Wanita

Disini kamu benar-benar harus meningkatkan kemampuan daya ingat dua kali lipat. Apalagi teksnya cuma ditampilkan sebentar, baru langsung mengerjakan soal. Jumlah soalnya tidak banyak, berkisar 20-30 soal. (Red)