• Jumat, 29 Oktober 2021

Awas! Jangan Olahraga Sambil Gunakan Make Up, Bisa Sebabkan Ini

- Sabtu, 18 September 2021 | 17:07 WIB
Dampak Buruk Olahraga Sambil Gunakan Make Up (Foto; Istimewa)
Dampak Buruk Olahraga Sambil Gunakan Make Up (Foto; Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Tak jarang, kaum wanita menggunakan make up saat olahraga. Namun, ternyata Olahraga sambil menggunakan make up dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Ada beberapa dampak buruk olahraga saat menggunakan make up. Hal semacam itu tentunya mesti kalian hindari jika tak ingin terkena dampak satu ini. Lalu, apa dampak buruk olahraga ketika menggunakan make up?

Berikut beberapa dampak buruk olahraga ketika menggunakan make up yakni:

Pertama. Pori-Pori Tersumbat - Jika olahraga yang kamu lakukan hanya sebatas berjalan ringan atau peregangan, menggunakan makeup mungkin masih bisa ditoleransi. Namun ketika kamu melakukan olahraga yang membuatmu bersimbah keringat, menggunakan makeup bukanlah ide yang baik.

Lucy Chen, MD pakar kesehatan kulit dari Riverchase Dermatology and Cosmetic Surgery mengatakan bahwa ketika kamu berolahraga, temperatur dalam tubuh meningkat sehingga menyebabkan tubuh berkeringat agar tetap dingin.

Kedua. Kulit Rentan Berjerawat - Penyumbatan pori yang terjadi akibat makeup biasanya bisa langsung berdampak pada munculnya jerawat. Ketika pori-pori tertutup makeup, bakteri terperangkap dengan sangat cepat pada kelenjar.

Bakteri yang terperangkap ini bisa menyebabkan pori-pori yang terperangkap menginfeksi bagian wajah lain. Kondisi ini kemudian bisa menyebabkan munculnya berbagai jenis jerawat di wajah. Munculnya jerawat ini juga bisa sangat tergantung pada bagian wajah.

Ketiga. Iritasi Mata - Mata adalah bagian tubuh yang sangat sensitif dan bisa sangat mudah mengalami iritasi dan merah akibat berolahraga dengan makeup. Sama seperti bagian wajah lain, kelopak mata juga memiliki pori-pori yang bertugas melepaskan minyak.

Ketika kamu berolahraga dengan makeup pada kelopak mata, kelenjar ini bisa tersumbat menyebabkan kulit menjadi merah dan kering. Tanpa lubrikasi yang cukup dari minyak alami, air mata bisa menguap dengan cepat yang bisa menyebabkan iritasi mata. (Red)

Editor: Muhammad Amaludin

Tags

Terkini

Resep Makanan dan Cara Membuat Sambal Matah di Rumah

Kamis, 28 Oktober 2021 | 19:29 WIB

Simak, Ini 6 Cara Merawat Kursi Kayu agar Awet

Kamis, 28 Oktober 2021 | 11:57 WIB
X