Jangan Sampai Salah! Begini Cara Membuat Pakan Ternak Fermentasi

JABARNEWS | BANDUNG – Cara membuat pakan ternak fermentasi bisa menjadi salah satu makanan alternatif hewan ternak kalian seperti sapi.

Untuk cara membuatnya sendiri ada beberapa proses dan bahan yang mesti kalian lewati serta cari terlebih dahulu. Lalu, kalian bisa mencoba cara membuat pakan ternak fermentasi tersebut.

Berikut beberapa cara membuat pakan ternak fermentasi yakni:

Pertama. Siapkan Bahan – Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin membuat pakan fermentasi adalah dengan menyiapkan bahan-bahan yang kita perlukan. Seperti Jerami atau gedebog (pohon pisang), Gula, Buah nanas, Air bersih, Ampas tahu, Bekatul dan Garam.

Baca Juga:  Menkumham: Perlu Standarisasi Media Mainstream, Guna Melawan Berita Hoaks

Kedua. Proses Pembuatan Larutan – Agar pembuatan pakan ternak fermentasi bisa berjalan kita perlu mikroorganisme pembusuk. Hewan ini bisa kita dapatkan melalui larutan fermentasi. Larutan ini terbuat dari campuran gula, parutan buah nanas, dan air.

Jika Anda menggunakan bahan jerami, jumlah air larutan yang kita perlukan adalah 10 liter. Sedangkan untuk debog atau pohon pisang membutuhkan air sekitar 1 liter saja.

Baca Juga:  Begini Tanda Karet Wiper Mobil Kalian Minta Ganti

Ketiga. Pencampuran Semua Bahan – Setelah semua bahan siap, lalu masukan bahan-bahan pakan fermentasi ini. Mulai dari jerami atau pohon pisang (optional), bekatul, dan ampas tahu pada satu wadah besar.

Kemudian masukkan larutan fermentasi pada wadah. Setelah itu aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Biarkan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Baca Juga:  Dear Pemudik! Harap Ketahui Soal Ini Saat Menuju Cirebon

Keempat. Proses Fermentasi – Tahap pembuatan pakan ternak fermentasi selanjutnya tinggal menutup drum dengan plastik atau terpal. Ini berguna agar udara tidak bisa keluar masuk.

Untuk bahan fermentasi jerami, biarkan proses fermentasi berlangsung selama 1 hari penuh. Sedangkan untuk debog atau pohon pisang, waktu fermentasi yang biasanya membutuhkan hanya waktu sekitar 1-3 jam saja. (Red)