Ternyata Tiga Kebiasaan Buruk ini Bisa Jadi Penyebab Penuaan Dini

JABARNEWS | BANDUNG – Penuaan merupakan proses alami yang pasti akan dilalui oleh setiap orang. Akan tetapi, kebiasaan sehari-hari yang kurang baik dapat membuat tanda-tanda penuaan ini menjadi lebih cepat muncul dan terjadi.

Hal itu tentunya mesti kalian hindari. Namun kalian mesti mengetahui kebiasaan yang bisa menyebabkan hal satu ini. Lalu, apa saja kebiasaan yang bisa menyebabkan penuaan dini?

Baca Juga:  Kos-kosan di Jaktim Hanggus Terbakar, Polisi Sebut Ini Penyebabnya

Berikut beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan penuaan dini yakni:

Pertama. Menatap layar gawai – Ilmuwan mengungkapkan bahwa terlalu banyak mendapatkan paparan sinar biru bisa mempercepat penuaan. Sinar biru merupakan sinar yang biasa dipancarkan melalui layar ponsel pintar atau komputer.

Studi pada 2019 dalam jurnal Aging and Mechanisms of Disease menemukan bahwa cahaya biru dapat merusak sel-sel di otak dan mata. Ilmuwan merekomendasikan untuk mendapatkan lebih banyak cahaya alami.

Baca Juga:  Jalan Rusak Parah, Warga Jaya Mukti Purwakarta Nekat Minta Sumbangan ke Pengendara yang Melintas

Kedua. Tidak cukup tidur – Kurang tidur dapat mengurangi pancaran kemudahan pada kulit. Sebaliknya, individu yang tidur dengan cukup memiliki pemulihan skin barrier 30 persen lebih baik dan memiliki intrinsik penuaan kulit yang lebih rendah secara signifikan.

Baca Juga:  Presiden Jokowi: Kekerasan Pada Anak Merupakan Fenomena Gunung Es

Ketiga.C berlebih – Studi menunjukkan bahwa pola makan tinggi gula atau karbohidrat sederhana lain dapat mempercepat penuaan. Gula juga dapat menyebabkan keriput karena gula mengikat protein di kulit yang membuat kulit tampak muda.

Perbaiki pola makan dengan lebih memperbanyak konsumsi makanan utuh, sehat, dan bergizi, termasuk sayur dan buah agar terhindar dari penuaan dini. (Red)