Sering Pingsan Saat Beraktivitas? Pahami Inilah Penyebabnya

Ilustrasi kondisi pingsan
Ilustrasi kondisi pingsan. (foto: istimewa)

Berdiri Lama

Selama upacara, seseorang akan berdiri dalam waktu yang cukup lama. Berdiri terlalu lama atau bangkit terlalu cepat setelah duduk atau berbaring dapat menyebabkan pingsan. Ini terutama berlaku jika cuaca panas dan lingkungan terlalu padat.

Tekanan Darah Rendah

Waktu yang lama dalam posisi berdiri selama upacara dapat mempengaruhi sirkulasi darah. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan tekanan darah dan suplai darah yang tidak memadai ke otak, menyebabkan pingsan. Kelelahan dan kurang tidur juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah, yang bisa memicu pusing dan pingsan.

Baca Juga:  Satu Jamaah Haji Asal Cianjur Meninggal Dunia di Madinah, Ini Penyebabnya

Untuk mencegahnya, disarankan untuk sesekali menggerakkan kaki dan mengubah posisi setiap 10-20 menit guna meningkatkan aliran darah. Selain itu, pastikan Anda beristirahat cukup pada malam sebelum upacara.

Baca Juga:  Indonesia Memang Tangguh

Perut Kosong

Pingsan selama upacara juga dapat disebabkan oleh perut kosong. Mungkin sebagian orang enggan makan pagi atau sarapan karena khawatir akan masalah perut. Namun, tidak makan pagi atau sarapan sebenarnya dapat menjadi penyebab pingsan selama upacara.

Ketika perut kosong, tubuh bisa menjadi lelah dengan cepat, terutama saat harus berdiri dalam jangka waktu yang cukup lama. Kekosongan perut mengakibatkan tubuh kekurangan energi, yang dapat menyebabkan pingsan.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Kamis 10 November 2022

Maka dari itu, dianjurkan untuk makan dengan cukup sebelum upacara agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas tersebut. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News