Simak! Ternyata Bercinta Bisa Tangkis Virus Corona

JABARNEWS | BANDUNG – Penyebaran virus corona Covid-19 yang semakin pesat dan sudah masuk ke wilayah Indonesia telah menyebabkan banyak orang khawatir. Sebagian orang pun mulai berbondong-bondong membeli produk untuk mencegah penularan virus.

Padahal ada beberapa cara untuk mencegah penularan virus corona Covid-19, salah satunya menjaga kebersihan dengan mencuci tangan pakai air dan sabun.

Tapi, Anda mungkin lupa bahwa virus dan penyakit juga berkaitan dengan daya tahan tubuh seseorang. Sistem kekebalan tubuh yang lemah bisa membuat seseorang lebih rentan terinfeksi virus dan penyakit.

Sayangnya, sistem kekebalan tubuh bisa rusak karena banyak hal, seperti stres, racun, kurang olahraga dan konsumsi makanan tidak sehat.

Banyak cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Salah satunya dengan bercinta. Ini karena aktivitas intim dapat berdampak positif pada sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga:  Peralatan Memasak Dapat Memicu Kolesterol Anda Meningkat

Menurut sebuah studi, orang yang berhubungan seks sekali atau dua kali per minggu memiliki tingkat imunoglobulin A (IgA) tertinggi dalam air liur mereka. IgA adalah molekul kekebalan yang membantu melindungi tubuh terhadap penyakit seperti flu. Demikian dilansir dari On Health, Sabtu (7/3/2020).

Berdasarkan penelitian itu, orang yang berhubungan seks sekali atau dua kali per minggu memiliki IgA saliva lebih banyak daripada orang yang tidak aktif secara seks, jarang aktif secara seks (kurang dari sekali seminggu), atau yang sangat aktif secara seks (tiga kali atau lebih per minggu).

Selain berhubungan seks, empat cara ini juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Apa saja?

Kurangi stres

Stres kronis menekan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko beberapa jenis penyakit. Stres juga meningkatkan tingkat hormon yang disebut katekolamin. Sehingga jika stres dan berdampak pada menurunnya sistem kekebalan tubuh, maka Anda lebih rentan terhadap penyakit virus pilek, flu, dan Covid-19.

Baca Juga:  Manfaat Sayuran Ini Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung

Konsumsi antioksidan

Antioksidan adalah senyawa dalam buah dan sayuran yang dapat melindungi Anda dari radikal bebas, yang bisa merusak DNA dan komponen sel lainnya. Buah-buahan dan sayuran dalam beragam warna memberikan campuran antioksidan sebagai pelindung terbaik untuk meningkatkan kesehatan dan kekebalan secara keseluruhan.

Makanlah sayuran berdaun hijau, semangka, wortel, beri, brokoli, jeruk, kiwi, blewah, dan produk berwarna cerah lainnya untuk memberi sel dan sistem kekebalan tubuh Anda. Misalnya, cobalah sup ayam buatan rumah dengan wortel, seledri, dan sayuran lainnya.

Baca Juga:  Tempat Hiburan Malam Dirazia, Walikota Sukabumi: Miras Itu Dilarang

Coba ramuan dan suplemen

Beberapa penelitian telah menyarankan bahwa senyawa dalam sejumlah ramuan tertentu dan suplemen, dapat meningkatkan imunitas. Misalnya, bawang putih, astragalus, ginseng, teh hijau, jintan hitam, dan licorice adalah beberapa herbal yang telah dilaporkan memiliki manfaat meningkatkan kekebalan tubuh.

Olahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk melindungi Anda terhadap penyakit jantung, osteoporosis, bahkan jenis kanker tertentu. Olahraga juga merupakan mampu memperkuat sistem imun tubuh. Agar lebih maksimal, cobalah latihan fisik selama setidaknya 30 menit pada sebagian besar hari dalam seminggu, misalnya lima hari per minggu.

Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119. (Red)