Akhir PPKM, Kasus Covid-19 di Kabupaten Purwakarta Terus Menurun

JABARNEWS | PURWAKARTA – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta mencatat penurunan kasus Covid-19 di wilayah setempat akhir pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Level 3, pada Senin, 30 Agustus 2021.

“Hingga hari ini kasus aktif terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Purwakarta sebanyak 129 kasus, sedangkan suspek sebanyak 118 dan kontak erat sebanyak 405 kasus. Sedangkan total jumlah kesembuhan mencapai 11.513 orang,” ucap Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono, pada Senin (30/8/2021).

Diungkapkannya, secara umum kasus Covid-19 di Kabupaten Purwakarta mengalami penurunan. Sedangkan pasien sembuh terus meningkat dan kasus kematian juga menurun.

Baca Juga:  BNPT Gandeng BPIP Dalam Penanganan Radikalisme-Terorisme

“Penurunan kasus ini juga diwarnai tingkat kesembuhan kasus (case recovery rate) yang mencapai 94,28 persen. Namun di satu sisi, makin rendahnya tambahan kasus harian ini masih diwarnai tingkat kematian kasus (case fatality rate) yang cukup tinggi, di atas empat persen atau persisnya 4,67 persen,” ucap pria yang akrab disapa Wibi itu.

Ia menambahkan, saat ini Kabupaten Purwakarta memiliki angka Bed Occupancy Rate (BOR) juga mengalami penurunan, berada di 13,3 persen.

“BOR kita kini sudah 13,3 persen, artinya sudah turun terus dan mudah-mudahan kurvanya akan turun juga dan kini Purwakarta berada di zona kuning atau resiko rendah. Hal ini membuktikan adanya progres untuk menangani penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purwakarta,” ucap Wibi.

Baca Juga:  Patroli Dialogis, Polsek Cugenang Sasar Daerah Rawan C3

Dengan angka kasus terkonfirmasi positif yang terus mengalami penurunan, kata dia, kini status kecamatan jadi bervariasi. Tak lagi, zona merah semuanya.

“Alhamdulillah, saat ini di Kabupaten Purwakarta sudah ada kecamatan yang statusnya zona hijau yaitu Kecamatan Maniis,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Wibi, Kecamatan Sukasari, Pondok Salam, Cibatu dan Bojong, statusnya zona kuning. Kemudian, yang zona oranye ada 6 Kecamatan yakin, Pasawahan, Wanayasa, Kiarapedes, Campaka, Babakan Cikao dan Tegalwaru.

Baca Juga:  Sebanyak 9 Rumah di Cianjur Terdampak Gempa Banten

“Sisanya sebanyak 6 kecamatan lagi masih masuk dalam daftar zona merah. Yang zona merah, di antaranya Kecamatan Purwakarta, Jatiluhur, Sukatani, Plered, Darangdan dan Bungursari,” ungkap Pria yang menjabat Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta itu.

Diakuinya, pemerintah Kabupaten Purwakarta terus berupaya semaksimal mungkin dalam penanganan Covid-19 dari berbagai sektor. Menurut Wibi, yang terpenting kepedulian masyarakat dalam menangani bencana non alam ini tentunya sangat diperlukan.

“Kami tak pernah bosan untuk terus mengingatkan, supaya kesadaran masyarakat terus meningkat. Terus mengingatkan masyarakat untuk senantiasa melakukan pola hidup 5M dalam setiap harinya,” pungkasnya. (Gin)