Uniknya Produk dari Kulit Kayu Gabus

JABARNEWS | BANDUNG – Bagaimana jadinya kalau kulit kayu gabus dijadikan material untuk pembuatan barang-barang yang kerap kita gunakan seperti dompet, tas, bahkan sepatu?.

Ternyata di Kota Bandung, ada sebuah pengrajin yang mampu mengolah kulit gabus menjadi bahan dasar untuk pembuatan dompet, tas, sandal, bahkan tempat penyimpanan lainnya yang bermanfaat. 

Si pengrajin pun mengklaim Schors untuk merek karyanya yang berbahan kulit kayu gabus. Schors sendiri diambil dari bahasa Belanda yang artinya kulit kayu.

Baca Juga:  Lepas Atlet Rugbi, Uu Ruzhanul Ulum Tegaskan PON Adalah Ajang Bergengsi Tingkat Nasional

“Kenapa diberi nama Schors, karena bahan utama produk kita menggunakan kulit kayu dari pohon ek gabus yang bersifat ramah lingkungan,” ungkap Muhammad Fadli selaku owner sekaligus pengrajin kulit kaya gabus kepada jabarnews.com, belum lama ini.

Belum banyak yang tahu kalau gabus adalah lapisan luar kulit pohon yang dihasilkan oleh pohon ek gabus.

Pohon Ek Gabus dikenal tidak tanggung-tanggung dalam menghasilkan kulit pohon yang berkualitas. Kulit pohon ini ringan, tahan air, dan lentur.

Baca Juga:  Wantannas Dorong Kemenkes Pasok 15 Juta Dosis Vaksin per Bulan ke Jabar

Dan, yang luar biasa ialah bahwa kulit pohon yang unik ini bisa dipanen tanpa harus ditebang pohonnya! Jadi aman untuk ekologi alam.

Dijelaskannya, Schors berdiri sejak November 2014, dimulai dengan modal 4 juta rupiah.

“Awal memulai usaha, 1 juta dipakai untuk membuat website, sisanya habis untuk produksi barang,” terangnya.

Dalam proses pembuatan produk, awalnya Schors memproduksi dompet pria sebelum bervariasi seperti sekarang.

“Kita memilih dompet karena modal yang terbatas, jadi kita produksi dompet pria karena lebih simple dan dengan modal yang terbatas bisa menghasilkan lumayan banyak. Sejak itu jadi bisa mulai jualan,” aku pria yang akrab disapa Fadli ini.

Baca Juga:  Pilkada, HMI Desak KPU Dan Panwaslu Transparan

Hebatnya, Schors sudah merambah ke luar negeri tidak hanya di Indonesia. Sejauh ini bagi konsumen yang ingin mendapatkan barang unik ini, bisa melalui website di www.schors.asia, dan  di beberapa marketplace.

“Untuk offline nya kita ada di Alun-alun Indonesia dan Gramedia,” paparnya seraya menutup perbincangan. (Tri)

Jabarnews | Berita Jawa Barat