Penanganan Sampah Kota Bandung, Harus Fokus

JABARNEWS | BANDUNG – Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengingatkan seluruh pihak untuk sama-sama menjaga semangat dan konsentrasi atau fokus terhadap penanganan sampah.

Menurutnya, kegiatan Bebersih Bandung yang pernah dilakukan menjelang Hari Jadi ke-212 Kota Bandung (HJKB) 2022 lalu merupakan kegiatan yang luar biasa dan perlu digaungkan kembali.

Ia meminta, para aparatur kewilayahan mulai dari camat, lurah, RW dan RT agar menjaga kebiasaan baik ini terus berlangsung di level kewilayahan.

“Bebersih Bandung itu jangan hanya dilakukan saat HJKB saja. Saya minta seluruh aparatur kewilayahan 70 persen hadir di lapangan. Inventarisir apa saja yang menjadi kebutuhan terkait penanganan sampah ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Ratusan Botol Miras Ditemukan dalam Rumah di Mangkubumi Tasikmalaya

Ema juga berharap, capaian 154 Kawasan Bebas Sampah (KBS) di Kota Bandung perlu dipertahankan dan didukung dengan aksi nyata perilaku masyarakat.

“Angka ini jangan sebatas di atas kertas. Harus real,” ujarnya.

Sebagai informasi, Pemkot Bandung sudah menggelar Sosialisasi Kang Pisman di 6 SWK Kota Bandung. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari momentum darurat sampah pasca Idulfitri beberapa waktu lalu yang kini sudah tertangani.

Baca Juga:  Puluhan Warga Depok Terjangkit Flu Singapura, Kenali Ini Gejalanya

Selanjutnya, beberapa studi banding ke wilayah lain pun telah dilakukan. Seperti misalnya ke Kabupaten Banyumas, beberapa waktu lalu.

Di sana, Pemkot Bandung mempelajari inovasi Gibrik Mini dari Pemerintah Kabupaten Banyumas. Selain itu, Pemkot Bandung juga terinspirasi oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang telah berjalan masif di Kabupaten Banyumas.

“Kita dengan Kabupaten Banyumas itu sama. Luasnya memang lebih luas, penduduknya sekitar 1,9 juta, masalahnya sama, perilakunya sama. Tapi dalam waktu beberapa bulan, beberapa tahun, mereka bisa (menangani masalah sampah). Perilakunya, mindsetnya, bergeser. Di sana betul-betul bisa dikatakan sampah yang tadinya menjijikan sudah mulai ditransformasi menjadi menjanjikan,” ujar Ema.

Baca Juga:  Sungai Cileungsi dan Cilamaya Tercemar, Pemprov Akan Tindak Tegas

Sebagai penutup, Ema berharap, kehadiran inovasi penanganan sampah juga sejalan dengan perilaku masyarakat dalam mengelola sampah sejak di rumah.

“Dengan demikian, kita sama-sama bisa mewujudkan Kota Bandung sebagai kota nol sampah, kita harus optimis,” ucapnya. (Diskominfo)