Akses Menuju IKN, Inilah Fakta Menarik Jembatan Pulau Balang

Jembatan Pulau Balang
Jembatan Pulau Balang menjadi salah satu akses menuju IKN Nusantara. (foto: Kemen PUPR)
  1. Memiliki Panjang 804 Meter

Jembatan Pulau Balang memiliki panjang utama sekitar 804 meter dan jembatan pendekat sepanjang 167 meter dengan tipe cable stayed.

  1. Mempersingkat Waktu Tempuh

Keberadaan Jembatan Pulau Balang ini mampu mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Kota Balikpapan menuju Panajem Paser Utara yang semula 4 jam menjadi 1 jam. Sebelumnya, masyarakat yang berasal dari Kota Balikpapan yang ingin ke Kabupaten Penajam Paser Utara atau sebaliknya harus memutar dengan jarak sekitar 80 km. Dengan adanya jembatan ini, jarak tempuh menjadi lebih pendek yakni sekitar 30 km.

  1. Akses menuju IKN Nusantara
Baca Juga:  Jalur Sesar Cimandiri Harus Jadi Zona Merah, Tak Boleh Dihuni!

Jembatan Pulau Balang yang melintasi Teluk Balikpapan ini menjadi salah satu akses menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

  1. Waktu Pembangunan 6 Tahun
Baca Juga:  Hunian Tetap Relokasi Korban Gempa Cianjur Ditargetkan Rampung Sebelum Idul Fitri

Dibangun sejak tahun 2015 dan selesai pada tahun 2021 melalui pendanaan Surat Berharga Syariah Negera (SBSN) senilai Rp1,3 miliar tahun anggaran 2015 – 2021.

  1. Untuk Mendukung Pelabuhan
Baca Juga:  Kandang Terbakar, 4.000 Ekor Ayam Hangus Terpanggang

Hadirnya Jembatan Pulau Balang turut mendukung rencana pembangunan Pelabuhan Peti Kemas Kariangau dan kawasan industri Kariangau.

  1. Pembangunan Melibatkan Pemerintah Daerah

Pembangunan jembatan didasari kerjasama antara Kementerian PUPR dengan Pemprov Kaltim, serta Pemkab Panajam dan Panajam Paser Utara. (red)