Retak Akibat Gempa Sumedang, Kementerian PUPR Pastikan Tol Cisumdawu Aman Dilalui

Tol Cisumdawu
Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR bersama Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) melakukan inspeksi kondisi terowongan Tol Cisumdawu. (Foto: Kementerian PUPR).

JABARNEWS | BANDUNG – MKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkanbahwa terowongan Tol Cisumdawu dalam kondisi aman untuk dilalui kendaraan.

Hal tersebut dipastikan setelah terowongan Tol CIsumdawu itu retak akibat gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Sumedang pada Minggu (31/12/2023).

Baca Juga:  Begini Ramalan Cuaca Jawa Barat Hari Ini

“Sehubungan dengan terjadinya gempa di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat pada 31 Desember 2023 dan gempa susulan pada 1 Januari 2024, Kementerian PUPR menurunkan tim Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga bersama Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) untuk melakukan inspeksi kondisi Terowongan Cisumdawu yang berada di ruas tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan tersebut,” kata Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga:  Tol Cisumdawu Cimalaka-Cileunyi Dibuka saat Arus Balik Lebaran 2022

“Sesuai inspeksi awal tersebut terowongan Cisumdawu saat ini dalam kondisi aman beroperasi,” tambahnya.

Dia menjelaskan, untuk mengetahui pengaruh gempa yang terjadi terhadap terowongan Cisumdawu berdasarkan informasi yang beredar luas di sosial media, tim dari Kementerian PUPR yang melakukan inspeksi terdiri dari Direktorat Jenderal Bina Marga dan Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

Baca Juga:  Jantung Pemulihan Ekonomi Kota Bandung, Ada di UMKM