Bimtek Aparatur Kecamatan Dan Desa, Ini Harapan Kepala Bapeda

JABARNEWS | GARUT – Perencanaan Desa selambat lambatnya dimulai bulan Juni 2018. Untuk itu, Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Garut menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) tentang Perencanaan Pembangunan bagi Aparatur Kecamatan dan Desa angkatan ke-1 tahun 2018. Kegiatan itu digelar sejak Selasa  (3/7/2018), di Hotel Augusta, Jln. Cipanas, Garut.

Kepala Bapeda Kabupaten Garut, Deni Suherlan, menuturkan, kegiatan ini merupakan program Bapeda dalam memberikan pelatihan teknik terhadap aparatur kecamatan dan desa se-Kabupaten Garut.

Baca Juga:  Ramai! Sukabumi Mulai Dipadati Pemudik yang Pulang Lebih Awal

”Ini program pelatihan bagi aparatur di tingkat kecamatan dan desa terkait rencana pembangunan di Kabupaten Garut,” kata Deni, Rabu (4/7/2018).

Diharapkanya, hasil Bintek ini dapat diterapkan oleh peserta dalam merencanakan pembangunan di kecamatan dan desa masing-masing, sesuai arahan yang telah diberikan oleh Bapeda.

Ia mengapresiasi terhadap desa yang sudah menggelar Musdes, seperti yang sudah dilakukan di Desa Sakawayana, Kecamatan Malangbong.

Baca Juga:  Kekeringan, Petani Ikan Di Subang Rugi Ratusan Juta Rupiah

Sementara itu, Sekretaris Desa Cilampuyang, Kecamatan Malangbong, yang saat ini masih mengikuti Bimtek, merasa terbantu dengan adanya Bimtek ini. Kegiatan ini menambah pengetahuan dan pemahaman terkait siklus perencanaan desa dengan mengacu pada UU Nomor 6 Tahun 2014, Permendagri 114 Tahun 2014, serta Perbub Garut 1080.

Diakuinya, dengan adanya regulasi itu sebenarnya desa diharapkan bisa mandiri karena memiliki kewenanngan sesuai Peraturan Mentri Desa No. 1 Tahun 2015.

Baca Juga:  Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19, Begini Kata Pakar Kesehatan

Ia mengucapkan terima kasih pada seluruh Tenaga Pendamping Profesional yang bertugas di Kecamatan Malangbong. Sejauh ini, lanjutnya, Pendamping Desa sangat membantu desa.

“Setelah Bimtek, bersama Bapeda, kami akan segera berkoordinasi dengan PLD dan Para Pendamping Desa Kecamatan,” katanya seraya menambahkan, dalam acara itu Kecamatan Malangbong diwakili oleh Desa Cilampuyang, Desa Cinagara, dan Desa Karangmulya. (Tgr)

Jabarnews | Berita Jawa Barat