Disdik Purwakarta Minta Karakter Siswa Dikuatkan Lewat Ekskul

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kegiatan Ekstrakurikuler (ekskul) menjadi bagian penting dalam penguatan pendidikan karakter siswa. Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian, Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Dede Supendi, saat Workshop Pembinaan Penyelenggaraan ekskul di tingkat Sekolah Dasar, Jumat (28/9/2018).

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta dengan Direktorat Pembinaan SD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di SDN Ciwangi Bungursari. “Ini adalah salah satu penguatan pendidikan karakter. Ekstrakurikuler merupakan ruang yang harus terus diperkuat sebagai ruang penempaan bakat siswa,” ujar Dede, Jumat (28/9/2018).

Baca Juga:  Pimpin Apel Awal Tahun 2023, Anne Ratna Mustika Sampaikan Hal Ini

Selain itu, kegiatan ekskul ini merupakan media dan wahana memberikan ruang kepada peserta didik untuk mengaktualisasikan dan mengeksplorasikan seluruh potensi yang dimilikinya. “Ekskul jangan hanya dijadikan tempat mengisi kegiatan siswa saja. Tapi perlu dioptimalkan untuk pembinaan bakatnya. Jadi lebih terfokus,” ungkap Dede.

Baca Juga:  Ganggu Keindahan Kota dan Jadi transaksi Miras, Bangunan Liar di Purwakarta Ditertibkan

Dirinya berharap ke depannya kegiatan tersebut bisa menghadirkan konsep yang efisien untuk penempaan bakat siswa. “Semoga ke depannya bakat siswa lebih terakomodasi dan ada pembinaan khusus untuk penempaan bakatnya,” katanya.

Baca Juga:  Yana Mulyana Dukung Tindakan Tegas Polisi untuk Pelaku Begal

Diketahui kegiatan tersebut diikuti kepala sekolah, guru pembina ekskul pramuka, guru pembina ekskul keolahragaan dan guru pembina ekskul seni dari perwakilan tiap kecamatan se-Kabupaten Purwakarta. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat