Jangan Anggap Sepele, Ini Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

JABARNEWS | BANDUNG – Penyebab sakit kepala bagian belakang seringkali diakibatkan oleh berbagai faktor. Salah satu penyebab sakit kepala bagian belakang yang sering kali tidak disadari adalah postur atau sikap tubuh yang buruk.

Kebiasaan berdiri atau duduk membungkuk dapat memicu sakit kepala bagian belakang. Selain sikap tubuh yang tidak tegak, beberapa jenis sakit kepala juga bisa menjadi penyebab sakit kepala bagian belakang.

Selain itu, gangguan pada otot leher, peradangan pembuluh darah, hingga perdarahan di dalam otak juga merupakan penyebab sakit kepala bagian belakang. Sakit kepala ini memang umum menyerang dan sebagian orang tidak ingin merasakannya lagi.

Baca Juga:  Pemkab Karawang segera Lakukan Perbaikan Jalur Mudik Lebaran, Ini Titik Lokasinya

Oleh Sebab itu berikut beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang diantaranya:

Pertama. Tension type headache – Penyebab sakit kepala bagian belakang pertama diakibatkan oleh tension type headache. Kondisi ini merupakan nyeri kepala dengan gejala nyeri tumpul di sekitar kepala.

Biasanya bagian kepala belakang juga akan mengalami nyeri yang luar biasa. Sakit kepala ini biasanya dialami oleh orang dewasa dan biasa diakibatkan oleh berbagai penyebab seperti cahaya, stres, dan dehidrasi.

Baca Juga:  Berikut Lokasi SIM Keliling kota Bandung Hari Ini

Kedua. Migrain Basilar – Penyebab sakit kepala bagian belakang yang kedua yakni Migrain Basilar, Jika migrain umumnya terjadi hanya di salah satu sisi kepala, migrain basilar akan menimbulkan rasa nyeri di bagian belakang kepala, tepatnya pada arteri basilar.

Menurut American Migraine Foundation, pada tahap awal, migraine basilar menimbulkan gejala, seperti pandangan kabur, kebutaan sementara, pusing, telinga berdenging, dan kesulitan berbicara maupun mendengar.

Baca Juga:  Kemenag Terbitkan SE Ibadah Ramadhan, Termasuk Soal Buka Puasa Bersama

Ketiga. Neuralgia Oksipital – Neuralgia oksipital juga merupakan penyebab sakit kepala belakang. Sakit kepala ini bisa terjadi ketika saraf oksipital yang berada di sekitar saraf tulang belakang dari pangkal leher sampai kepala mengalami gangguan.

Pernah mengalami cedera, peradangan, atau saraf terjepit bisa menyebabkan saraf oksipital tertekan atau mengalami iritasi sehingga terjadilah neuralgia oksipital. (Red)