Kakek di Ciamis Berusia 105 Tahun, 22 Tahun Jadi Kades, 35 Kali Menikah

JABARNEWS | CIAMIS – Tokoh masyarakat Dusun Panglajan, RT 06, RW 02, Desa Tanjungsari, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Enem Marhudin punya prestasi gemilang. Pria berusia 105 tahun ini masih memiliki daya ingatan kuat dan penglihatan yang sangat jelas.

Selama hidupnya, pria yang lahir 7 Agustus 1913 itu menghabiskan waktu untuk mengabdikan diri sebagai aparatur pemerintah desa. Bahkan, dirinya pernah menjadi kepala desa selama 22 tahun tanpa tergantikan.

Dikutip harapanrakyat.com, ia menceritakan tentang sejarah kehidupannya, mulai menjadi prajurit BKR hingga menjadi kepala desa, termasuk tentang pernikahannya dengan 35 orang perempuan.

’’Sejak masih penjajahan Belanda, saya sudah berkiprah dan menjadi salah satu bagian dari pemberontak. Saat itu saya sudah ikut pasukan BKR. Dulu yang selalu memberontak dan menghadang Belanda di wilayah sini adalah saya dan rekan rekan satu pasukan,’’ tuturnya.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Pelaku Human Trafficking, Korbannya 13 Perempuan Asal Sukabumi

Sejarah pahit menjadi pemberontak di masa itu ia rasakan. Dimana saat pasukan akan hijrah ke daerah Jogja, ia tertangkap Belanda.

Beruntung, kata Enem, setelah tiga bulan dipenjara Belanda, sang komandan dan pasukan BKR berhasil membebaskan dirinya. Setelah bebas dan masa penjajahan Belanda berakhir, Enem mengaku kembali menjadi pemberontak melawan penjajahan Jepang.

Ketika Indonesia dinyatakan merdeka, Enem menceritakan, dirinya langsung memulai kehidupan di Desa Cikaso menjadi aparat desa. Enem pun menjabat kepala dusun, sekitar tahun 1965 hingga tahun 1984.

Baca Juga:  Taman Wisata Dinosaurus Terbesar se-Jabar Hadir di Kota Bandung, Cek Info Lengkapnya Disini

Setelah Cikaso dimekarkan dan berdiri Desa Langkapsari, Enem dipercaya menjadi Kepala Desa Langkapsari, sejak tahun 1984 sampai 2006.

Selain menjadi aparatur desa terlama, pada saat muda Enem ternyata adalah sosok playboy (gonta-ganti pasangan). Enem mengaku sudah menikah sebanyak 35 kali.

’’Saya pernah nikah cerai sebanyak 35 kali. Dari 35 wanita yang saya nikahi, saya dikaruniai enam anak, dua anak dari istri kedua, satu anak dari istri ketiga dan tiga anak dari istri ke 35. Dari keenam anak, hanya empat orang yang masih hidup,” katanya.

Baca Juga:  Pasangan Yossi-Aries Janji Akan Selesaikan Banjir Dalam Dua Tahun

Disinggung soal rahasia awet muda, Enem hanya tersenyum. Dia mengaku tidak punya rahasia apapun. Bahkan, untuk makan dan minum saja dia mengaku tidak ada pantangan.

Maryamah, istri dari Enem, mengaku nyaman dan bahagia bisa menghabiskan waktu mendampingi Enem hingga sekarang. ’’Meski bapak dicap sebagai playboy, saya merasa bahagia hidup dengan bapak. Terbukti sejak saya dinikahi bapak tahun 1969, saya tidak pernah bertengkar. Meski banyak isu tentang bapak, saya tetap sabar dan percaya sama bapak. Alhamdulillah sampai saat ini rumah tangga saya baik dan bahagia,” katanya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat