Mahasiswa Diminta Ikut Mencegah Penyebaran Virus Dengue

JABARNEWS | CIAMIS – Program Studi (Prodi) Teknologi Laboratorium Medik, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis menggelar Seminar Nasional 2019 Virus Dengue, Sabtu (23/11/2019).

Seminar tersebut dilaksanakan di Aula Auditorium KH. Ahmad Dahlan STIKes Muhammadiyah Ciamis yang diikuti para mahasiswi dari Prodi Analis Kesehatan dan Prodi Keperawatan.

Tema yang diangkat yaitu, Strategi Pegendalian Virus Dengue dalam Rangka Meminimalisir Kasus Demam Berdarah Dengue di Kabupaten Ciamis.

Sejumlah pakar pengendalian virus dengue pun turut dihadirkan, yakni diantaranya Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, dr.H. Bayu Yudiawan, MM, pakar Patogenesis dan Diagnosis Molekuler Virus Dengue dari Unpad, Prof. Dr. Ridad Agoes dr. MPH. Sp.Park, Sekretaris DPD PPNI Ciamis, H. Deni Wahyudi, S.Kp.,M.Kep, Ketua DPC PATELKI Ciamis dan sekaligus Ketua Prodi Teknologi Laboratorium Medik STIKes Muhammadiyah Ciamis, Atun Farihatun, SKM., M.KM dan Sekertaris DPC PATELKI Ciamis, Ary Nurmalasari SKM., M.Biomed.

Baca Juga:  Pengamat Kritisi Soal Pengelolaan Bank Sampah di Kabupaten Bekasi

Ketua Prodi Teknologi Laborator Medik STIKes Muhammadiyah Ciamis, Atun Farihatun, SKM., M.KM mengatakan bahwa virus dengue merupakan masalah kesehatan yang cukup serius di Indonesia, dan kasus angka kesakitan dan kematian akibat virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti di Jawa Barat cukup banyak.

Baca Juga:  HUT ke-70 Polairud, Satpolair Polres Purwakarta Bagikan Masker untuk Cegah Covid-19

“Melalui seminar ini, mahasiswa Prodi Analis Kesehatan dan Prodi Keperawatan diberikan wawasan pemahaman dan pengetahuan untuk melakukan penindakan dan antisipasi melalui kampanye Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) ke khalayak masyarakat luas,” kata Atun.

Atun berharap, seluruh peserta seminar bisa menerapkan ke dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya pencegahan terhadap dirinya, keluarganya dan juga sebagai kapasitas mahasiswa harus melakukan pengabdian menyebarluaskan informasi kepada masyarakat dan melakukan penelitian.

Baca Juga:  Nuansa Multietnis Warnai Upacara Hardiknas 2023 di Serdang Bedagai

Sementara Wakil Ketua I STIKes Muhamadiyah Ciamis, Heny Marliany, SKM mengapresiasi kegiatan dengan mengangkat isu Virus Dengue.

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan bagian penunjang pengembangan akademik dan Prodi Analis Kesehatan dan Prodi Keperawatan dilingkungan STIKes Muhammadiyah Ciamis.

Diharapkan seluruh peserta dapat mengembangkan diri dan pengetahuan terhadap menangani kasus Demam Berdarah (DBD).

“Selain itu mereka juga dapat termotifasi dan meningkatkan kompetensi untuk menganalisa atau mendiagnosa terhadap seseorang yang terkena virus dengue,” harapnya. (CR1)