Pagelaran Wayang Kulit di Bandung: Lakon Kresno Jumeneng Ratu, Perjalanan Rakyat Jadi Raja

Pagelaran Wayang Kulit di lapangan Den Jasa Ang, Kota Bandung pada Sabtu (19/8/2023) malam. (Foto: Rian/JabarNews).

Sementara itu, Ketua KASMARAN Jabar Suprapto AG menyampaikan rasa syukur pertunjukan wayang kulit jadi salah satu kegiatan untuk membantu pemerintah dalam mensosialisasikan pencegahan DBD.

Menurutnya, wayang kulit merupakan budaya yang sangat luhur, maka harus dilestarikan jangan sampai punah. Sebab, sebagian masyarakat Jawa memiliki tanggung jawab untuk melestarikan budaya tersebut agar tetap dikenal oleh masyarakat.

Baca Juga:  Asyiik...! Jalan Flyover Kopo Bandung Dibuka Agustus 2022

“Mengadakan wayang kulit dengan wayang spesial dari didatangkan langsung dari cilacap Jawa Tengah. Dengan menampilkan lakon kresno jumeneng ratu, sebuah perjalanan rakyat yang menjadi raja,” ucap Suprapto.

Baca Juga:  Ada Aksi WO di Sidang Sengketa Pilkada, Kok Bisa?

Suprapto mengungkapkan, dengan rutin digelar event atau pagelaran wayang kulit ini secara tidak langsung masyarakat akan tertarik untuk ikut melestarikan.

“Kami berharap DPR RI dan Kominfo agar kegiatan ini dilaksanakan dan diprogram setia tahun supaya wayang kulit ini tetap lestari, tetap eksis apalagi dengan masuknya budaya budaya barat kita harus mempertahankan budaya kita sendiri,” tandasnya. (Red)

Baca Juga:  Gara-gara Ini Relawan Ganjar di Jabar Cabut Dukungan, Berpaling ke Prabowo-Gibran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News