Pembangunan PPI Rancabuaya Memasuki Tahap Lelang

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai upaya untuk meningkatkan hasil tangkap ikan di Jawa Barat Pemerintah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat akan membangun dermaga Pangkalan Pendaratan Ikan (PPi) di Rancabuaya Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat, Jafar Ismail mengatakan rencana pembangunan dermaga tersebut saat ini sudah memasuki tahap lelang.

Baca Juga:  Peduli Korban Bencana Alam, BPPKB Banten DPC Purwakarta Galang Dana

“Rancabuaya akan kita bangun dermaga dan sekarang masih tahap lelang. Diharapkan ini dapat menjadi titik senter pembangunan di pantai selatan,” ungkap Jafar, Rabu (05/07/2017).

Pangkalan Pendaratan Ikan tersebut akan menjadi titik tengah penghubung antara Pelabuhan Ratu dan Pangandaran.

“Ini akan menjadi titik sentral yaitu di Pangandaran sebelah timur, tengahnya Rancabuaya, dan Pelabuhan Ratu. Jadi kapal-kapal yang dari daerah sana nanti akan di arahkan ke Rancabuaya,” katanya.

Baca Juga:  Waduh! Seorang Pria di Kota Bandung Rudapaksa Dua Anak Tirinya dari Tahun 2017

Jafar menambahkan dermaga tersebut akan diperuntukan bagi kapal-kapal regional saja.

“Diperuntukan untuk kapal-kapal yang regional antara 10 samapi 30 propek yang daya bawanya sampai 12 mil,” tambahnya.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 Melonjak, PTM di Kota Bandung Dibatasi

Rencana pembangunan Pangkalan Pendaratan Ikan ini sendiri untuk tahap 1, membutuhkan dana sekitar Rp. 12,5 Miliar, adapun total biaya yang diperlukan sebesar Rp. 42 Miliar.

“Untuk pembangunan tahap 1 itu sekitar 12,5 miliar dimana pembangunannya meliputi pengerukan kolam pelabuhan dan pembangunan breakwater,” jelas Jafar. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat