Kampung Turki Bandung Siap Fasilitasi Mahasiswa Kuliah ke Luar Negeri

JABARNEWS | BANDUNG – Kampung Turki Bandung siap memberikan fasilitas kepada pelajar dan mahasiswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke negara Turki.

Kampung Turki Bandung yang beralamat di Pesantren Ihaqi, Cimenyan, Kota Bandung ini menawarkan berbagai program pelatihan, seperti pelatihan bahasa Turki, budaya, dan lain-lain.

Founder Ihaqi Ustadz Erick Yusuf mengatakan, Kampung Turki Bandung memberikan akses pendidikan bagi mahasiswa di Universitas-universitas ternama di Turki.

“Kami memberikan akses untuk setiap pelajar yang ini berkuliah ke Turki. Ada universitas dan kampus-kampus yang bisa menjadi pilihan,” kata Ustadz Erick saat launching Kampung Turki Bandung via Zoom, Sabtu (3/6/2021).

Baca Juga:  Pemilihan Rektor Unpad Bergulir, Ini Tahapannya

“Indonesia dan Turki memang sudah menjalin kerjasama di berbagai lini, salah satunya pendidikan,” tambahnya.

Ustadz Erick menyebut, pihaknya telah bermitra dengan berbagai lembaga salah satunya dengan Biru Marmara Edukasi untuk memfasilitasi para pelajar yang ingin menempuh pendidikan atau kuliah di Turki mulai dari jenjang SMA hingga S1, S2, dan S3.

Dia mengungkapkan bahwa sebelum memberangkatkan pelajar ke Turki, pihaknya akan terlebih dahulu memberikan pelatihan-pelatihan untuk menunjang aktivitas perkuliahan khususnya dalam hal bahasa.

Tak hanya itu, Kampung Turki Bandung ini juga memfasilitasi bagi yang hanya ingin berwisata ke Turki.

Baca Juga:  Jokma Jabar Gelar Turnamen Futsal Competition

“Untuk memudahkan segala sesuatunya kami memfasilitasi dari mulai bahasa, pengetahuan tentang Turki, seni budaya, beradaptasinya, kulinernya dan lain-lain.

Hal senada juga dijelaskan Founder Biru Marmara Edukasi Doddy C. Hidayat Putra. Menurutnya, melalui Kampung Turki, para pelajar atau mahasiswa akan mendapatkan informasi seputar kampus yang berstandar Eropa, mengenal budaya, dan bahasa Turki.

“Ya, sebelum diberangkatkan ke Turki, mahasiswa akan diberikan pelatihan bahasa di Pesantren Ihaqi,” jelas Doddy.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa tak hanya di sektor pendidikan, Turki juga memiliki potensi yang besar di sektor usaha. Sehingga, hal ini menjadi peluang besar bagi para pengusaha dan pelajar dalam mengembangkan usaha sekaligus pendidikannya.

Baca Juga:  Stt!...Ganti Topik!

“Turki dan Indonesia memang saat ini sudah berkomitmen untuk menjalin kerjasama dibidang perdagangan. Ini menjadi peluang yang sangat bagus,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Kreatif Ihaqi Boarding School Asep Abdul Aziz mengajak para pelajar dan mahasiswa di Indonesia, khususnya di Kota Bandung untuk mengikuti program Kampung Turki Bandung.

“Saya mengajak kepada semuanya untuk Ikut gabung belajar bersama di kampung Turki Bandung, Insya Allah lulus sekolah SMAN di Turki dan kuliah S1-S3 di Turki,” tutupnya. (Red)