Transgender di Kota Bekasi Bisa Ubah Nama dan Kelamin di KTP

JABARNEWS | BEKASI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi sudah mulai membuka layanan administrasi kependudukan (adminduk) bagi warga yang transgender.

Kepala Disdukcapil Kota Bekasi Taufiq Rachmat Hidayat mengatakan bahwa sudah ada satu warga transgender yang mendapatkan layanan adminduk di Kota Bekasi, Jawa Barat.

“Kami sudah mulai membuka pelayanan administrasi kependudukan bagi transpuan. Baru satu warga transpuan atau transgender yang melakukan perubahan foto KTP elektroniknya,” kata Taufiq, dikutip dari Radar Bandung, Jumat (20/8/2021).

Dia menambahkan pihaknya khusus untuk layanan adminduk warga transgender dilaksanakan di Kantor Disdukcapil Kota Bekasi, yakni di Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk.

Baca Juga:  Periode Januari-Agustus, Tercarat Ada 1.805 Bencana di Indonesia

Adapun pelayanan adminduk warga transgender sama dengan masyarakat umum lainnya. Seperti, bagi warga yang ingin mengubah foto KTP, cukup membawa KTP lama ke Kantor Disdukcapil Kota Bekasi.

“Jika sudah memiliki NIK maka dipersilakan melakukan perekaman dengan membawa KK dan Akta Kelahiran. Lalu, jika sudah melakukan perubahan nama dan kelamin, membawa keputusan pengadilan yang telah menetapkan,” ujar Taufiq.

Transgender adalah individu yang merasa bahwa identitas gendernya berbeda atau tidak sesuai dengan jenis kelamin biologisnya sejak ia lahir. 

Baca Juga:  Jabatan Pj Bupati Purwakarta Berakhir, Ini Harapan Kemenag

Saat baru lahir, dokter mungkin akan dengan gamblang menentukan bahwa kita adalah bayi perempuan atau laki-laki. Keputusan ini diberikan berdasarkan komponen biologis yang kita bawa, seperti alat kelamin, kromosom, dan hormon.

Seiring kita tumbuh, banyak orang bisa mengembangkan identitas gender bahwa ia memang seorang laki-laki karena memiliki penis, atau seorang perempuan karena memiliki vagina. 

Sementara itu, beberapa orang merasa bahwa jati diri mereka berbeda dengan jenis kelaminnya. Orang-orang inilah yang disebut transgender. Transgender sendiri memiliki beberapa jenis.

Baca Juga:  Bhayangkari Majalengka Gelar Doa Bersama

Transpuan atau transgender perempuan adalah seseorang yang awalnya diidentifikasi sebagai laki-laki, kemudian ia merasa bahwa ia adalah seorang perempuan. Transpuan ialah laki-laki yang menjadi perempuan.

Trans laki-laki atau pria trans ialah kebalikan dari transpuan, yakni transgender dari perempuan yang kemudian mengidentifikasi diri sebagai laki-laki.

Selain itu, ada pula non-biner atau genderqueer. Istilah ini merujuk pada orang dengan identitas gender yang tidak masuk kategori pria atau wanita. 

Beberapa orang non-biner juga merasa ia adalah kombinasi antara laki-laki dan perempuan. (Red)