Belasan Siswa di Kota Bandung Positif Covid-19 Hasil Swab Acak, Sekolah Ditutup?

JABARNEWS | BANDUNG – Hasil swab tes random (acak) siswa di Kota Bandung belasan siswa berbagai jenjang yang terpapar positif Covid-19.

Kepala Bidang Pembinaan Pengembangan Sekolah Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Bandung, Bambang Ariyanto menegaskan bahwa hasil dari temuan positif Covid-19 tersebut, tidak ada sekolah yang tutup.

“Ada kriterianya jika sekolah itu tutup yakni kasus positif lebih dari lima persen di sekolah yang bersangkutan,” Bambang Ariyanto, Rabu 20 Oktober 2021.

Baca Juga:  Yuk Simak! Cara Memandikan Kucing Dengan Aman

Saat in kada dia, ada beberapa sekolah sudah dilakukan swab tes sebanyak 10 persen dari jumlah siswa. Disdik Kota Bandung miliki target dapat swab tes siswa sebanyak 3.468 orang.

“Swab tes random sampai sekarang masih berlanjut dan sekolah yang ada siswanya terkonfirmasi langsung ditindaklanjut, seperti dilakukan tracing hingga lakukan karantina mandiri (isoman),” katanya.

Dia juga menambahkan jika di sekolah tersebut kasus positifnya lebih dari lima persen, maka akan ada intervensi pembelajaran tatap muka (PTM), semisal meniadakannya dan mengganti dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Baca Juga:  AMSI Jawa Barat Minta Media Massa Bijak Gunakan Medsos sebagai Sumber Berita

“Saat ini kami pun masih terus berdiskusi bersama Kemenkes terkait aturan-aturan ketika ada siswa yang positif. Intinya, sampai detik ini tak ada sekolah yang tutup dan kami terus giatkan tracing,” katanya.

Bambang juga mengatakan sekolah yang ada siswanya terkonfirmasi positif selain SD Kresna ialah SD YAS yang berada di Jalan PHH Mustofa (Jalan Suci) sebanyak tiga siswa dan tengah menunggu jumlah siswa yang kontak erat.

Baca Juga:  Heboh! Wanita Berjilbab Ditemukan Tewas Dihalaman Masjid

“Berlaku pula karantina dan tracing bagi guru yang memang terkonfirmasi. Tracing dilakukan mulai kemarin. Intinya sejauh ini beberapa sekolah ada yang sudah beralih pembelajarannya lewat PJJ sampai dengan pelaksanaan entry tes selesai,” ucapnya. (Yan)