Upaya Mitigasi Bencana di Kota Bandung Ditingkatkan, Oded M Danial: Kita Juga Khawatir

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memperkuat mitigasi bencana mulai dari tingkat kelurahan dengan memaksimalkan program Kampung Tanggap Bencana.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan sejauh ini sudah ada lima kelurahan yang memiliki Kampung Tanggap Bencana. Ke depan, upaya mitigasi dari setiap kelurahan bakal ditingkatkan.

“Alhamdulillah, peralatan sudah. Sudah banyak kemajuan dan inovasi untuk pompa banjir, contohnya, ada skala kecil,” kata Oded di Bandung, Jawa Barat, Selasa 7 Desember 2021.

Baca Juga:  RSHS Bandung Siapkan Strategi Lonjakan Pasien Covid-19 Varian Omicron

Baca Juga: Ragam Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh Saat Dikonsumsi Setiap Hari Menurut dr. Saddam Ismail

Baca Juga: Rizky Billar Diramalkan Indigo akan Alami Kecelakaan, Denny Darko: Ada Sesuatu yang Salah Lihat

Kota Bandung pun memiliki potensi bencana selain bencana hidrometeorologi yakni karena adanya aktivitas tektonik dan vulkanik. Di antaranya, Bandung memiliki Patahan Lembang dan juga Gunung Tangkuban Parahu.

Baca Juga:  DPRD Jabar Pastikan Pembahasan Perubahan Perda RPJMD Tidak Ditunda

Baca Juga: Tiga Hal Ini Bisa Bikin Kalian Dibenci Rekan Kerja, Hindari Segera!

Baca Juga: Majukan Masyarakat Desa, PADI Gandeng PPKB Brimob

“Kita juga khawatir Tangkuban Perahu juga, maka dari itu kita perlu tetap siaga,” kata Oded.

Sementara itu Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Dadang Iriawan mengatakan Kota Bandung pun memiliki potensi rawan longsor di kawasan utara. Di antaranya yakni di Kecamatan Cidadap, Coblong, Mandalajati, dan yang lainnya.

Baca Juga:  Polres Garut Siapkan 10 Bus untuk Mudik Gratis, Cek Info Daftarnya Disini

Selain dari longsor, menurutnya masyarakat juga perlu mengawasi potensi adanya banjir bandang. Karena Kota Bandung dialiri oleh sejumlah sungai yang masuk ke Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

“Masyarakat juga perlu tetap mengantisipasi, khususnya rumah-rumah ini jangan ada di pinggiran tebing dan sempadan sungai,” kata Dadang. ***