Begini Penjelasan Buya Yahya tentang Hukum Membongkar Makam

JABARNEWS | BANDUNG – Sosok ayah mendiang Vanessa Angel Doddy Sudrajat saat ini dikabarkan ngotot ingin memindahkan makam anaknya. Menurut Doddy keingingannya tersebut atas permintaan sang anak dalam mimpinya.

Sontak apa yang disampaikan Doddy Sudrajat tersebut banyak ditentang berbagai pihak, termasuk ayah mendiang Febri Andriansyah, Faisal serta para netizen.

Baca Juga:  Masjid Al-Jabbar Ditutup Sementara, Guna Penataan dan Pemeliharaan

Meskipun banyak mendapat penolakan, Doddy Sudrajat bersikukuh berencana memindahkan makam Vanessa Angel, ia juga mengklaim telah mendapat persetujuan dari semua keluarga Vanessa.

Di lain kesempatan, Pengasuh Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon Buya Yahya. Menerangkan bahwa agar tidak sembarangan dalam membongkar kembali pemakaman.

Baca Juga:  Meski Pasokan Terbatas, Bupati Ciamis Sebut Warga Antusias Vaksinasi Covid-19

“Mayit itu tidak boleh dibongkar lagi,” tegas Buya Yahya dalam YouTobe Al-Bahjah TV.

Buya Yahya Juga menenerangkan bahwa pembongkaran makam dilakukan jika adanya sesuatu yang dinilai darurat, dan juga tetap harus sesuai syariat dalam agama.

Baca Juga:  Malam Tahun Baru Jalur Puncak Ditutup

“Jadi pada dasarnya, jika dibutuhkan ya diperkenankan. Tapi kalau tidak ada perlunya anda bongkar-bongkar kuburan tidak boleh,” terang Buya Yahya.

“Merendahkan kuburan itu, haram hukumnya. Tidak ada perlunya masih ada tempat, bongkar kuburan, anda hanya iseng, tidak boleh,” tegas Buya Yahya.(Dodi)